3 Cara Mengelola Keuangan Usaha Kecil yang Harus Anda Ketahui

Diposting pada

3 Cara Mengelola Keuangan Usaha Kecil yang Harus Anda Ketahui

Untuk menggerakkan roda usaha, setiap pebisnis tentunya memerlukan sejumlah modal. Namun seringkali bukan besarnya modal yang menjadi penentu kesuksesan sebuah usaha. Yang lebih menentukan keberhasilan usaha adalah bagaimana cara mengelola modal itu. Sudah banyak usaha yang bisa berkembang meskpun dengan modal tak seberapa dan dimulai dari skala kecil.

Usaha dengan modal kecil pun bisa memiliki omset dan profit yang besar kalau kegiatan usaha tersebut ditekuti dengan baik, khususnya dalam hal aspek pengelolaan keuangannya. Berikut adala beberapa tips tentang cara mengelola keuangan dalam usaha kecil. Tips ini juga penting untuk dipahami siapapun pengusaha baru maupun calon pengusaha.

1.Pisahkan Rekening Perusahaan dan Rekening Pribadi

Pemisahan antara rekening perusahaan dan pribadi adalah hal mendasar sebelum hal lainnya. Dengan tidak bercampurnya keuangan pribadi dan untuk urusan bisnis akan mempermudah operasional bisnis yang dijalankan. Selain itu, pemilik usaha bersama timnya akan bekerja dengan profesional.

Dengan sistem pengelolaan uang yang tepat, setiap orang di dalam perusahaan akan mendapatkan apa yang menjadi haknya, sesuai kontribusinya. Ketika prinsip seperti ini sudah berlaku sejak perusahaan masih kecil, maka akan lebih menguntungkan ketika perusahaan berkembang semakin besar.

2.Memiliki Buku Pencatatan Keuangan

Punya rencana keuangan adalah langkah yang sangat penting untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan perusahaan. Hal itu membuat pengusaha jadi memahami pos mana saja yang bisa dihemat untuk memaksimalkan pendapatan perusahaan. Catatan keuangan bisnis ini sebaiknya dibuat dengan rapi keuangan perusahaan dapat dipantau sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

3.Semua Tim Disiplin dan Berkomitmen

Bagaimanapun sistem pengelolaan keuangan yang dijalankan akan memberi kontribusi yang berarti kalau setiap anggota tim disiplin dan berkomitmen. Sikap disiplin dan komitmen ini penting untuk dimiliki karena mempengaruhi etos kerja dalam menjalakan berbagai langkah penting dalam bisnis. Memang tidak ada ukuran spesifik, yang dimaksud disipling atau komitmen itu seperti apa. Yang terpenting bisnis owner memastikan semua anggota tim melakukan sesuatu sesuai kemampuan terbaiknya.

Apapun bisnis yang dijalankan, meskipun berskala kecil, salah satu aspek yang perlu dikuasai untuk menjalankan bisnis agar bisa berjalan bekelanjutan adalah bagaimana menghasilkan profit.

Strategi itu dapat Anda pelajari mulai dari seminar “Profit Booster” dari iBizCOACH pada tanggal 25 Oktober 2017 di Solo. Untuk info lebih lanjut hubungi nomor ini: 0811-265-2244.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



download ebook

jadwal seminar