4 Alasan Berbisnis Harus Mengejar Keberkahan

4 Alasan Berbisnis Harus Mengejar Keberkahan

Diposting pada



Betapa sering kita mendengar atau mengucapkan pengharapan agar kehidupan kita mendapatkan keberkahan, entah itu dalam umur, keluarga, pekerjaan dan lain-lain. Akan tetapi, pernahkah Anda  bertanya, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan keberkahan itu? Pengertian berkah secara harfiah yaitu al-ziyadah (bertambah), istaqarra (eksis) dan tsabata (mapan).

Dalam melakukan aktivitas bisnis, terutama Anda yang Muslim, keberkahan adalah aspek penting untuk dicapai selain profit yang stabil. Keuntungan yang diperoleh pengusaha dan kepuasan yang dirasakan konsumen bisa jadi tidak bernilai apa-apa di hadapan Allah Swt apabila keberkahan itu hilang. Sesuatu yang dibangun di atas sesuatu yang tidak berkah pasti akan rapuh dan menghilang dengan cepat. Dan inilah alasan mengapa berbisnis harus mengejar keberkahan;


1.Yakinlah Rezeki itu sudah ada yang mengatur

Istilah “rezeki sudah ada yang mengatur” ini mungkin sudah begitu sering Anda dengar. Tapi apakah Anda sudah betul-betul meyakininya? Bisnis itu tak lain hanyalah perantara saja, jadi jangan pernah merasa berkuasa mendatangkan rezeki. Yakini bahwa rezeki itu datangnya dari Allah dan bukan berasal dari usaha yang dijalankan. Yang perlu dilakukan adalah memaksimalkan usaha dengan cara yang tidak bertentangan dengan aturanNya.

2.Agar Bisnis Bernilai Ibadah

Dengan niat yang ikhlas semua pekerjaan bisa bernilai ibadah. Niat yang benar, misal memelihara diri dari sikap meminta minta, ikut andil dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, memberi kesempatan bekerja yang halal untuk orang lain. Tidak memakan harta orang lain. Sebisa mungkin hindari aktivitas yang menimbulkan kerugian bagi orang lain misalnya kamuflase harga, menyembunyikan cacat produk, berspekulasi menimbun barang,

3.Menyelamatkan Anak Cucu

Setiap orang tentu tidak ingin kalau darah dagingnya tumbuh dari barang haram. Mereka juga tidak mungkin mau memberi makan keluarga dari sumber yang haram. Begitu juga seorang pengusaha yang bekerja dengan banyak orang, tidak seharusnya memberi makan keluarga dari sumber  yang haram  karena konsekuensinya tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat. Selalu hati-hati dalam melakukan usaha, seperti sabda rasulullah “setiap daging yabg tumbuh dari barang haram, maka neraka lebih berhak baginya”

4.Menambah Kebaikan

Agar bisnis memberi keberkahan, ada baiknya jangan lupakan sedekah. Dipandang sekilas mungkin ada orang yang masih belum percaya hubungan antara sedekah dan pembalasan berupa rezeki yang dilipatgandakan. Apalagi kalau dipikir dengan logika manusia, hal itu tidak masuk akal. Tapi apakah benar seperti itu?

Padahal ketika ada orang yang terbantu dengan sedekah itu, ia akan mendoakan kembali, kemudian sedekah itu memperlancar kebaikan-kebaikan yang lain. Kekuatan sedekah ini memang luar biasa dan tidak dibantah lagi. Bahkan, sedekah ini tidak terbatas pada ajaran agama, melainkan sebuah prinsip universal. Prinsip sedekah juga bisa berlaku dalam kegiatan filantropis. Deretan orang-orang terkaya di dunia pun tidak tanggung-tanggung dalam kegiatan filantropis ini.

IbizCoaching sebagai lembaga pelatihan bisnis berbasis Life, Spiritual, and Business ini memberi perhatian besar pada aspek SDM dan manajerial, khususnya membangun spirit entrepreneur.

Salah satu yang dibangun adalah communication skill untuk melakukan penawaran produk usaha Anda.

Kembangkan communication skill Anda melalui seminar “Be a Great Sales” pada tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo. Info lebih lanjut hubungi 0811-265-2244.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar