Ciri Ciri Konsumen Cerdas

Apakah Anda sudah menyadari tentang strategi sedemikian rupa yang dilakukan penjual? Penjual manapun tentu akan menonjolkan kelebihan dan menutupi kelemahan. Konsumen yang tidak tahu betul tentang produk yang ditawarkan atau yang terlanjur dibeli bisa terjebak pada pilihan yang keliru.

Tentu hal seperti itu bisa dicegah dengan menjadi konsumen yang cerdas. Meskipun Anda seorang penjual, tentu Anda juga sempat mengalami saat-saat menjadi konsumen untuk penjual lain, misal untuk menyuplai barang. Kita tahu bahwa seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, terutama karena ada internet, konsumen semakin memahami teknologi untuk bisa memperoleh informasi tentang produk yang mereka butuhkan.

Ada beberapa ciri konsumen cerdas, berikut ini adalah .. diantaranya.

1.Teliti Sebelum Membeli

Dalam bertransaksi, baik penjual maupun pembeli perlu mengenali produknya dengan lebih baik. Bagaimanapun, hal ini penting untuk kedua pihak untuk mengenali kelebihan dan kelemahan produknya dengan baik. Paling tidak, konsumen sebaiknya tahu cara membedakan produk legal dan ilegal, dan penjual harus bertanggungjawab dengan produk yang dijualnya. Selain itu, konsumen cerdas juga perlu memperhatikan tanggal kadaluarsa dan juga memastikan produk sesuai standar, yaitu memiliki tanda Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk jenis produk tertentu.

2.Memastikan Produk Menggunakan Label

Label adalah identitas suatu produk, karena dengan label itulah kita dapat membedakan antara produk satu dengan yang lainnya. Itulah kenapa label adalah bagian yang sangat penting dari suatu produk agar konsumen dapat memperoleh produk sesuai yang diharapkan. Beberapa industri besar yang membutuhkan label antara lain makanan dan minuman kemasan, permen, kosmetik, mainan, elektronik, dan sebagainya.

3.Membeli Produk Dalam Negeri

Mungkin Anda sering menimbang-nimbang sebelum membeli: pilih mana antara produk dalam negeri atau luar negeri? Pernah Anda bertanya mengapa harus membeli produk dalam negeri? Karena jujur saja, dalam beberapa hal produk impor banyak yang lebih baik kualitasnya. Dan seberapa pentingnya membeli produk dalam negeri?

Peran produk dalam negeri bagi keberlangsungan ekonomi sebuah negara ternyata cukup besar. Ada beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh maupun negara Indonesia ketika kita gencar menggunakan produk dalam negeri, di antaranya adalah meningkatkan pendapatan negara.

4.Membeli Produk Sesuai Kebutuhan

Pernahkan Anda menyesal setelah membeli produk yang tak sesuai kebutuhan? Banyak penyebabnya seseorang membeli barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Satu lagi ketika konsumen membeli tak sesuai kebutuhan, maka bisa fatal akibatnya kepada pengeluaran yang membengkak. Ada saatnya bukan rezeki yang tidak cukup, tetapi mungkin gaya hidup yang terlalu tinggi. Jadi sebaiknya membeli sesuatu sesuai kebutuhan.

Pencarian Terbaru:

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!