4 Poin yang Harus Dilakukan Agar Pelatihan Bisnis yang Anda Ikuti Lebih Maksimal Efeknya

 

Saat ini, di mana batas negara, ruang, dan waktu menjadi kabur, PR bagi perusahaan tidak sama lagi seperti dulu. Itulah mengapa sebuah perusahaan perlu meyediakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas kinerja dan untuk mempersiapkan karyawan yang berdaya saing. Berikut adalah 4 poin yang harus dilakukan agar pelatihan bisnis yang Anda ikuti lebih maksimal efeknya.

 

Tentukan apa yang sebenarnya Anda inginkan

Banyak orang yang bekerja keras di luar sana untuk mencapai target tertentu. Target yang mereka kira begitu penting untuk dicapai. Padahal sebenarnya itu bukan yang mereka inginkan. Tidak jarang, pencapaian yang terlihat di luar tidak harmonis dengan nilai-nilai di dalam diri. Jadi, jangan biarkan itu terjadi pada Anda.

Sebagaimana kata pepatah mengatakan, ‘Apa untungnya bagi seseorang jika dia bisa menguasai seluruh dunia tapi kehilangan jiwanya sendiri?’ Bisa dibilang, orang-orang paling bahagia di dunia adalah yang aktivitasnya sejalan dengan nilai-nilai yang diyakininya. Lalu apa hubungannya poin ini dengan tujuan agar pelatihan bisnis yang Anda ikuti lebih maksimal efeknya? Pahami dan tentukan dulu apa yang sebenarnya Anda inginkan.

 

Ikuti Saran-Saran yang Membawa Kemajuan

Pelatihan bisnis dibutuhkan agar kesuksesan bisnis mengalami percepatan. Tapi, secanggih apapun ilmu yang disampaikan akan tidak berarti apa-apa. Kuncinya ada pada praktik di keseharian. Agar lebih realistis, tentunya peserta perlu mengikuti apa yang menjadi saran-saran mentor saat pelatihan bisnis.

 

Perbanyak Networking Terkait Bisnis Anda

Banyak event pelatihan bisnis yang diadakan secara berkelompok. Peserta maupun lembaga pelatihan bisa mendapatkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Secara bersamaan, ini bisa menjadi momen untuk memperbanyak jaringan atau networking. Ini adalah suatu kunci penting dalam menjalankan kan mengembangkan bisnis, terlebih kalau usaha yang dijalankan termasuk dalam usaha kecil atau menengah.

 

Bertemulah dengan Orang-Orang Baru

Kemajuan bisnis tidak hanya dicapai dengan satu cara, seperti mengikuti pelatihan. Kita tetap membutuhkan pertemuan dengan orang-orang baru. Kita tahu, bertemu dengan orang baru banyak sekali manfaatnya. Khususnya pertemuan yang tidak hanya sekadar bertemu, tapi bertemu dalam rangka berbagi ilmu.

Di sana ada interaksi dan kesempatan untuk saling berbagi. Yang seperti itu tentu membuat hidup semakin berenergi.