4 Tanggung Jawab yang Menjadi Prioritas Seorang Pengusaha

Diposting pada



4 Tanggung Jawab yang Menjadi Prioritas Seorang Pengusaha

Selain fokus untuk menghasilkan keuntungan yang bersifat materi, seorang pengusaha juga memiliki tanggung jawab lain. Tanggung jawab yang dimiliki seorang pengusaha berlaku ke beberapa pihak. Secara khusus kita akan membahas tanggung jawab sosial, seorang pengusaha setidaknya ada tanggung jawab sosial pengusaha terhadap 4 pihak, yaitu; kepada konsumen, kepada karyawan, kepada lingkungan, dan kepada investor.


1.Tanggung Jawab Pengusaha Terhadap Konsumen

Antara pengusaha dan konsumen memang saling bergantung. Hak dan kewajiban mereka jelas. Ketika konsumen memberikan sejumlah uang dalam suatu transaksi, maka perusahaan wajib untuk melaksanakan kewajibannya. Konsumen memiliki hak untuk memperoleh informasi tentang produk yang dibelinya, produk yang berkualitas, aman, dan harga sesuai. Maka dari itu, pengusaha bertanggung jawab untuk memenuhinya. Soal iklan ini juga menjadi tanggung jawab perusahaan terhadap konsumennya, terkait masalah waktu beriklan, bagaimana caranya, dan siapa saja target iklannya.

2.Tanggung Jawab Terhadap Timnya

Selain bertanggung jawab kepada konsumen, pengusaha melalui bisnis atau perusahaannya juga bertanggung jawab kepada timnya sendiri. Rekruitmen yang profesional, pelatihan yang membangun mental, dan kompensasi sesuai dengan kemampuannya. Mengapa hal ini sangat penting? Karena sebuah bisnis tidak hanya tentang produk yang dijual, tapi juga tentang membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, yaitu orang-orang di dalamnya.

3.Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan

Selain berurusan tentang manusia, perusahaan juga memiliki tanggung jawab kepada lingkungan. Lalu bagaimana bentuk tanggung jawab pengusaha terhadap lingkungan? Yang pasti, setiap pengusaha harus memperhatikan bahan yang diproduksinya. Sebisa mungkin, cegah kerusakan lingkungan dengan cara meminimalkan polusi karena proses produksi yang dilakukan.

4.Tanggung Jawab Terhadap Investor

Selain bertanggung jawab kepada konsumen, kepada tim, dan kepada lingkungan, perusahaan juga bertanggung jawab kepada investor. Untuk memenuhi tanggung jawab kepada investor, perusahaan bisa memberikan laporan keuangan yang sesuai keadaan, dan sesuai dengan aturan dalam laporan keuangan yang berlaku. Untuk menjalankan tanggung jawab itu, perlu komitmen dan kontrol dari semua pihak di perusahaan.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar

 

Pencarian Terbaru: