4 Tips Strategis Membangun Startup di Saat Belum Ada Bantuan Pendanaan dari Investor

 

Proses mendirikan sebuah startup yang tanpa ada bantuan pendanaan dari investor maupun venture capital disebut dengan bootstrapping. Ini adalah salah satu alternatif  yang digunakan para founder untuk membangun startup. Secara singkat, bootstrapping berarti berusaha sendiri.  Entah karena idealisme atau kondisi.

Ketika alasannya adalah idealisme, founders mungkin saja menginginkan kendali yang sepenuhnya dipegang oleh mereka sendiri, baik dalam hal menjalankan strategi bisnis maupun pengelolaan operasional dan anggaran.

Tapi ketika alasannya adalah kondisi, umumnya adalah karena startup tersebut belum masuk ke dalam kriteria agar dapat dibantu pendanaan oleh investor atau venture capital. Bagaimana tips strategis membangun startup ketika belum ada bantuan pendanaan dari investor?

 

Skill yang Saling Melengkapi

Karena masih tahap awal, sebagian besar pekerjaan startup dilakukan secara internal. Jumlah timnya pun tidak banyak. Skill yang berbeda-beda antar individu yang membangun startup, tentunya akan membuat startup tersebut memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bisa melakukan tiap langkahnya dengan lebih baik. Hal ini cenderung mengharuskan para founder dan co-founder untuk memiliki skill yang saling melengkapi satu sama lain.

 

Buat Rencana Bisnis yang Cepat Menghasilkan Uang

Startup yang berjalan secara bootstrapping membutuhkan rencana bisnis yang secepat mungkin dapat menghasilkan uang. Setelah itu, dana yang didapatkan akan diputar lagi untuk membesarkan startup tersebut. Tanpa adanya pemasukan sejak awal, akan banyak menghabiskan dana, bahkan sebelum mendapatkan banyak pelanggan.

 

Memikirkan Kehidupan yang Mewah? Nanti Dulu

Saat memilih untuk menjalankan startup secara bootstrapping, fonder akan menggaji tim dengan usaha sendiri. Mengapa tidak disarankan untuk memikirkan kehidupan mewah? Karena tidak sedikit founder yang justru rela tidak mendapatkan gaji demi menggaji para timnya. Jika Anda sedang mengalaminya, ada baiknya Anda pertimbangkan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu urgent.

 

Amankan Domain Website Startup Anda

Banyak ahli yang berkecimpung di dunia startup berkata;  “Ide itu murah, maka publikasikanlah. Jangan takut kalau ide Anda dicuri orang, karena yang mahal adalah eksekusinya.” Pastikan sebelum mempublikasikan ide, Anda telah mengamankan domain Anda.

Inilah salah satu bentuk eksekusi. Satu dari sekian kemungkinan, banyak pihak yang mungkin mengambil kesempatan lebih cepat dengan membeli domain tersebut untuk menjualnya dengan harga sangat mahal kepada Anda.