Inilah 5 Kebutuhan Customer yang Paling Mendasar

 

Berbicara tentang customer, berarti kita berbicara tentang orang-orang yang perannya sangat berarti untuk keberlangsungan bisnis Anda. Mereka ingin memenuhi kebutuhannya, mereka datang kepada Anda bukan tanpa tujuan, dan mereka ingin pelayanan yang terbaik. Berikut ini adalah 5 kebutuhan customer yang paling mendasar. Sudahkah Anda mengeetahuinya?

 

1. Pemahaman dan Empati

Ada baiknya seorang yang menawarkan atau menjual produk kepada pelanggan dapat menempatkan diri pada posisi mereka. Bagaimana pelanggan ingin diperlakukan adalah tak jah beda dengan bagaimana Anda ingin diperlakukan oleh orang lain. Untuk bisa memenuhi hak pelanggan, berikan empati dan pemahaman kepada mereka.

 

2. Perlakuan Adil

Pelanggan yang juga manusia berperasaan bisa menjadi kesal ketika mereka tidak mendapatkan sesuatu yang menjadi haknya. Apalagi kalau mereka sudah mengeluarkan sejumlah biaya. Semua orang ingin diperlakukan secara adil dan tidak ada yang suka untuk dijadikan nomor dua.

 

3.Sikap Ramah

Menunjukkan keramahan di depan customer bisa dilakukan dengan sambutan yang bersahabat dengan orang yang berpotensi menjadi pelanggan Anda. Tanpa mempersoalkan status penjual atau pelanggan, kita semua tentunya senang diperlakukan dengan ramah dan tulus. Seorang pelanggan seharusnya lebih berhak mendapat perlakuan ramah karena mereka memberi banyak keuntungan bagi bisnis Anda.

 

4. Informasi dan Edukasi

Pelanggan perlu mendapatkan edukasi tentang suatu produk. Daripada hanya menawarkan atau menjual, sebaiknya beri tahu pelanggan tentang produk dan layanan Anda dan mengapa ‘mereka harus membeli’. Sejak awal, sadari bahwa pelanggan Anda memiliki waktu yang berharga. Karena itu mereka tidak ingin menyia-nyiakan waktu berharga itu dengan menebak-nebak keunggulan suatu produk atau layanan. Berikan informasi kepada mereka dengan media yang mudah dijangkau.

 

5. Pilihan dan Alternatif

Seorang yang melayani pelanggan menyadari bahwa mereka mungkin tidak selalu bisa menyediakan sesuatu yang dicari oleh pelanggan. Karena itu, tak ada salahnya untuk memberi pilihan dan alternatif kepada pelanggan. Untuk bisa memenuhi kebutuhan dasar pelanggan Anda, lakukan proses penjualan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Pelanggan berhak mendapatkan jalan lain, pilihan, atau alternatif untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.