5 Mindset Penting Ini Perlu Dimiliki Seorang Entrepreneur

Kesuksesan adalah hak setiap orang. Salah satu jalan kesuksesan yang sekaligus membantu  orang adalah menjadi entrepreneur. Profesi entrepreneur bisa membebaskan diri dari perbudakan manusia lain. Siapapun Anda bisa jadi entrepreneur, tapi mindset seperti apa yang perlu dimiliki entrepreneur?

 

Bertanggung jawab (Responsible)

Pertama, kita perlu bertanggung jawab pada diri, jangan lempar masalah apalagi menyalahkan orang ladin (blaming others). Satu contoh kecil tadi pagi bangun jam berapa? Seorang entrepreneur mestinya bangun lebih pagi dan bergegas menjemput rezekiNya. Tuhan membagikan rezekiNya di pagi hari. Berkaryalah, memberi manfaat untuk umat.

 

Good Communication

artinya anda harus bisa berkomunikasi dengan siapa saja. Suatu ketika anda bertemu orang yang lebih kaya dari anda, anda bisa bicara. anda bertemu dengan penguasa, anda bisa bica. bertemu dengan orang yang (maaf) tidak punya, anda bisa bicara. bertemu dengan anak kecil, anda bica bicara. dan bertemu siapa saja, Anda bisa berkomunikasi dengan mereka.

Selain komunikasi langsung, anda pun harus bisa dengan efektif menggunakan beragam media komunikasi seperti email, telepon, dan berbagai platform media sosial. Kadang ada yang mengeluhkan kendala seperti ini “saya orangnya introvert” saya pun seperti itu. saya juga dulunya tidak bisa public speaking dengan efektif. Tapi akhirnya bisa karena dilatih.

 

Creating Leaders

True leader don’t create follower they create more leader. Ketika Anda membuka perusahaan pastikan Anda bisa mendelegasikan. Yang bisa Anda lakukan adalah mengedukasi tim agar bisnis bisa autopilot bahkan saat owner meninggal dunia tim masih memegang amanah.

 

Open Learning

Jadilah orang yang terbuka tanpa melanggar aturan, khususnya aturan agama. buka cakrawala berpikir Anda. jadilah pembelajar yang baik. Artinya, selama hidup kita belajar, belajar itu tidak dibatasi wilayah negara, mana institusinya, siapa yang mengajarkan. Tuhan mengajari kita lewat alam semesta, melalui masalah dan tantangan yang kita hadapi

 

Penuh Rasa Syukur (Grateful)

Orang selalu bersyukur atas pencapaian besar. Tapi bagaimana dengan pencapaian yang kecil? Sudahkah Anda bersyukur atas udara bersih yg Tuhan berikan? Sudahkah Anda bersyukur atas anak/pasangan Anda? sudahkah bersyukur untuk usaha Anda?