6M yang Perlu Diperhatikan Sejak Awal untuk Mengelola Bisnis yang Efisien

Untuk mengelola bisnis yang efisien diperlukan upaya pengaturan yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjalankan usaha profesional hingga menghasilkan tujuan sesuai yang diinginkan. Sebelum menjalankan usaha itu, tentunya pemilik usaha menyiapkan sebuah rencana atau sebuah rancangan yang secara umum dinamakan dengan business plan.

Business plan itu anatara lain mencakup manajemen pemasaran, manajemen produksi, manajemen finansial, dan sebagainya. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan sejak awal untuk mengelola bisnis yang efisien? Kali ini kita memiliki 6M untuk mengelola bisnis yang efisien.

 

1.Man (Manusia)

M yang pertama adalah Man atau manusia. SDM (Sumber daya manusia) merupakan salah satu faktor yang penting karena dari sanalah modal dan keterampilan dikelola. Manusia adalah unsur manajemen yang paling penting dalam mencapai tujuan usaha.

 

2.Money (Uang)

Sebagai alat tukar dan alat pengukur nilai, uang adalah salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan Besar-kecilnya hasil usaha bisa diukur dari jumlah uang yang berputar di suatu perusahaan. Untuk memaksimalkan faktor ini, perhitungkan dengan matang berapa uang yang harus disiapkan guna membiayai gaji tenaga kerja juga membeli alat-alat yang dibutuhkan.

 

3.Material (Fisik)

Apakah Anda memproduksi sendiri bahan-bahan pada usaha Anda?Tentu tidak. Perusahaan umumnya membeli dari pihak-pihak lain. Pihak manajerial perusahaan pun berusaha mendapatkan bahan mentah dengan harga yang  paling murah baik untuk bahan itu sendiri atau biaya kirim atau ekspedisinya.

 

4.Machine (Teknologi)

Dalam proses produksi, mesin mempunyai peranan penting. banyak perkerjaan manusia yang bisa digantikan atau paling tidak, dimudahkan dengan mesin. Dengan mesin atau teknologi, tentunya akan lebih efisien.

 

5.Method (Metode)

Metode adalah tentang bagaimana mekanisme kerja dapat berjalan efektif dan efisien. Metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, bisa menyangkut proses produksi ataupun administrasi dan itu memerlukan waktu yang cukup lama.

 

6.Market (Pasar)

Inilah M terakhir yang menjadi kunci. Pemasaran produk mempunyai peranan yang sangat penting karena jika barang yang diproduksi tidak diterima pasar, proses kerja pun tidak akan dapat berlangsung karena proses produksi barang akan berhenti. Nantikan seminar Branding Your Market Segmentation dari IbizCoach pada bulan Maret 2018 di Novotel Solo. Info lebih lanjut 08112652244.

Pencarian Terbaru:

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!