4 Alasan Mengapa Masyarakat Kini Lebih Suka Belanja secara Online

 

Beberapa tahun terakhir di tanah air, tren berbelanja melalui internet terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Berkembangnya bisnis online berbanding lurus dengan banyaknya permintaan pasar, perkembangan teknologi informasi, dan tentu saja besarnya jumlah penduduk Indonesia.

Belanja online yang disukai masyarakat dan bahkan sudah menjadi pilihan alternatif bagi kebanyakan orang ini juga disebabkan karena banyak orang yang sangat sibuk dengan segala aktivitas sehari-hari. Karena sibuk, mereka tidak bisa menyempatkan waktu untuk mencukupi kebutuhannya. Tidak hanya diminati oleh orang-orang yang sibuk, ibu rumah tangga pun suka memanfaatkan pilihan belanja online ini. Mengapa masyarakat begitu menyukai belanja online?

 

Lebih Mudah Membandingkan Harga

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah barang, terkadang konsumen akan terlebih dahulu mengecek harga produk tertentu. Tujuannya adalah untuk membandingkan harga pada beberapa toko satu. Adanya banyak toko online dan juga beberapa situs marketplace tentunya akan lebih memudahkan konsumen untuk membandingkan harga sebelum membeli produk yang diinginkan. Dengan begitu, konsumen lebih mudah mendapatkan harga terbaik yang bisa mereka pilih.

 

Lebih Praktis dan Hemat Waktu

Alasan berikutnya mengapa banyak orang menyukai belanja online adalah karena belanja online itu lebih praktis dan hemat waktu. Dengan berbelanja melalui internet, tentu tidak perlu lagi kerepotan pada saat seperti membeli barang banyak karena tinggal menunggu di rumah. Yang hanya perlu kita lakukan hanya memilih barang, selanjutnya kita bayar, dan kemudian barang akan diantarkan ketempat kita.

 

Lebih Bebas Memilih

Ternyata ada beberapa barang yang susah ditemukan di toko offline tapi mudah ditemukan di toko online. Seperti pada umumnya di pusat perbelanjaan, kita hanya dapat melihat dan memilih barang–barang yang dipajang di etalase. Sementara itu, saat belanja secara online, cenderung lebih banyak pilihan. Calon pembeli bebas melihat dan memilih barang sesuai keinginan.

 

Adanya Testimoni Pelanggan Lain

Testimoni terbukti sangat efektif meningkatkan interaksi dengan konsumen bahkan konversi penjualan karena umumnya pembeli akan percaya dengan tempat untuk berbelanja yang sudah dikunjungi banyak orang dan memberi kesan positif. Kesan positif itu disampaikan dalam bentuk testimoni. Apalagi konsumen online shop zaman sekarang, mereka cenderung mencari review atau testimoni dari orang lain terlebih dahulu sebelum membeli.