Mengelola sebuah bisnis memang membutuhkan waktu, latihan, jam terbang yang cukup tinggi, dan kesabaran hingga siap memanajemen risiko sebaik mungkin. Pada intinya, setiap aktivitas usaha semata-mata bertujuan supaya produknya bisa laku. Tentunya tidak ada pengusaha yang mau merugi akibat dari produk yang dihasilkannya tidak laku di pasaran.

Tidak bisa dipungkiri, ada keadaan di mana produk bagus pun bisa kurang laku di pasaran Sebagus apapun rencana bisnis yang Anda buat, kalau tidak ada penjualan akan percuma.

Memang tugas Anda memproduksi sebuah produk dan kemudian menjualnya kepada konsumen. Tapi ternyata tidaklah sampai disini saja tugas Anda. Kadang produk yang menurut Anda bagus belum tentu laku. Meskipun kualitas memang bagus, tetapi bisa saja memiliki tingkat penjualan yang rendah. Mengapa bisa seperti itu?

Masalah Strategi Marketing

Ada beberapa tipe pengusaha yang terlalu fokus dengan produknya saja. Mereka mengira produk bagus dan unggul itu pasti laku, padahal produk bagus saja tidak cukup, dan harus ada strategi marketing yang bagus. Bisa dibayangkan jika barang yang menumpuk lebih banyak dibandingkan barang yang terjual? Sudah pasti arus kas terganggu, dan bisnis pun bermasalah. Agar produk bisa laku dan booming harus ada marketing yang kreatif, kalau bisa yang belum banyak dilakukan kompetitor.

Mengenali Perilaku Konsumen

Perlu  dipahami bahwa konsumen saat ini sudah semakin cerdas dalam memilah dan memilih produk yang dibelinya. Itulah mengapa para pengusaha selalu mencari tahu seperti apakah sebenarnya perilaku para konsumen. Jika barang yang anda miliki sama dengan produsen lain, maka seorang konsumen pasti akan membandingkan barang mana yang memiliki kualitas yang lebih baik. Supaya bisa memberikan produk produk yang lebih baik lagi dan bisa diterima oleh konsumen, Anda disarankan untuk melakukan riset pasar. Ini penting agar Anda bisa tau seberapa besar produk Anda dibutuhkan oleh konsumen.

Manfaatkan Hasil Riset

Setelah selesai melakukan riset, Anda tidak berarti selesai tugasnya. Ingat bahwa kesalahan dalam hal service saja mereka bisa lari. Jadi manfaatkan hasil riset untuk membuat koneksi dengan konsumen agar Anda makin memahami kebutuhan konsumen.

Tertarik mengembangkan skill jualan Anda dan bisa menyiasati produk yang kurang laku?

 

Ikuti seminar “Be a Great Sales” tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo. GRATIS! Hanya untuk 50 peserta. Untuk para pengusaha, marketing & sales.

Pencarian Terbaru: