iBiz COACH : Bagaimana Memanage Customer Dengan Baik?

Sahabat bisnis, bagaimana kabar Anda? Salam berkelimpahan untuk kita semua.

Apa yang Anda pikirkan jika mendengar kata customer?

Sebenarnya apa itu customer? Banyak orang yang salah menerjemahkan arti sebuah customer, menurut kebanyakan orang customer adalah orang yang membeli barang yang kita jual, benar bukan?

Apa Anda berpikiran hal yang sama? Jika iya maka Anda harus memperbaiki definisi Anda tersebut, customer adalah pelanggan yang berkali-kali membeli apa yang kita jual, dalam arti lain customer itu adalah pelanggan tetap.

Bagaimana Memanage Customer Dengan Baik

Customer itu lahir dari sebuah konsumen, yaitu orang yang membeli produk atau jasa Anda. Sedangkan konsumen itu berasal dari lead, lead adalah seseorang yang telah tertarik dengan apa yang kita jual, sebelum lead  itu hadir dari target market yang tepat.

Namun tidak semua konsumen bisa dikatakan sebagai customer, jika klien atau konsumen tersebut hanya membeli jasa atau produk kita sekali saja maka itu belum bisa disebut customer. Jadi alangkah bahagianya Anda mempunyai seorang customer, itulah pentingnya memanage customer.

Jika customer sudah loyal kepada Anda, apapun yang Anda tawarkan akan selalu dibeli, bahkan tanpa memperhatikan apa yang Anda jual lagi. Namun agar customer bisa seperti itu tidaklah mudah, diperlukan hubungan atau relationship yang baik.

Lalu bagaimana agar Anda bisa menjalin hubungan baik dengan customer Anda?

Pertama, Ciptakan komunikasi yang baik.

Apaun alasannya Anda harus membuat hubungan baik dengan customer Anda, karena customer adalah aset yang baik bagi perkembangan perusahaan Anda. Bangunlah sebuah komunikasi yang baik dengan menanyakan kabarnya, mengucapkan selamat apabila customer Anda berulang tahun, menikah, atau mendapatkan kebahagiaan lain, dan jangan ragu untuk menanyakan masalah-masalah apa yang ada di customer Anda.

Perhatikan keluhan customer Anda.

Customer akan merasa diperhatikan saat Anda mendengarkan apa yang menjadi keluhan mereka entah itu dari pelayanan, kualitas produk Anda, hingga keluhan-keluhan lainnya. Jika pada saat itu belum memungkinkan memperbaiki keluhan mereka maka ucapkan dalam waktu dekat dan tim Anda akan berusaha memperbaikinya.

Ciptakan sesekali program yang menguntungkan customer. Anda bisa menciptakan berbagai program-program seperti diskon untuk produk Anda yang baru.

Untuk lebih jelasnya lagi Anda bisa mengikuti webinar kami dan daftarkan diri Anda di https://app.webinarjam.net/register/31183/8504fcb139