Produk yang bagus tanpa kekuatan brand yang mantap dan strategi pemasaran yang efektif akan mudah tergeser oleh produk sejenis yang memiliki brand yang lebih kuat. Sudah terbukti pada setiap pengusaha sukses bahwa menggunakan personal brand sangat membantu bisnisnya untuk mencapai kesuksesan.

Tom Peters, ahli personal branding, menjelaskan bahwa branding untuk diri sendiri tidak terkait dengan usia, posisi di kantor, atau bisnis yang dijalankan. Sebab setiap diri seseorang mencerminkan sebuah brand. Istilah personal branding sendiri dalam pengertian sederhananya ialah sebuah cara untuk memperkenalkan siapa diri kita kepada orang lain. 

Personal branding juga bisa meningkatkan omset bisnis Anda, karena orang lain semakin mengenal siapa Anda dan apa kelebihan produk Anda.

Lalu bagaimana cara untuk melakukan personal branding yang efektif khususnya di zaman yang serba internet? Kebanyakan orang mencoba untuk membangun personal brand melalui postingan random social media tentang apa pun yang terjadi dalam hidup mereka. Namun yang terpenting poinnya adalah publikasi.

Usahakan untuk rajin-rajin sharing hal-hal positif yang menarik di social media Anda. Kalau perlu publikasikan buku di penerbit ternama. Ini bisa membangun kredibilitas Anda serta meningkatkan reputasi Anda.

Ketika sudah menemukan tools apa yang bisa Anda maksimalkan, jangan lupakan tentang bagaimana cara menyampaikannya. Lakukan pendekatan komunikasi yang sederhana. Bicaralah dengan bahasa yang dipahami oleh audiens Anda.

Ketika orang telah mengenal baik dan percaya terhadap bisnis Anda, bukan tidak mungkin kalau mereka tidak segan menjadi pelanggan setia Anda atau menjadi orang yang loyal dan setia mempromosikan apa yang Anda jual. Ketka tahapan ini tercapai, tentu menjadi sebuah langkah promosi yang efektif dan dapat meningkatkan omset Anda lebih tinggi.

Tertarik mengembangkan networking Anda dan membangun personal branding agar bisnis Anda lebih dipercaya?

 

Ikuti seminar kami yang bertema “Be a Great Sales” tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo. GRATIS! Hanya untuk 50 peserta. Untuk para pengusaha, marketing & sales.