Untuk memasarkan produk ke konsumen yang tepat, pengusaha perlu mencoba berbagai macam cara untuk memasarkan produk. Untuk produk lama yang sudah jelas laris, maka mudah saja. Sedangkan produk baru yang belum ditemukan pasarnya, maka harus ada langkah kreatif agar produk barunya bisa diterima oleh pasar.

Bahkan, selain harus mencari cara untuk menarik minat konsumen, mereka juga harus mampu menghadapi persaingan pasar dari pemain lainnya yang terlebih dulu telah memasarkan produk yang serupa. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi si pengusaha.

1.Memahami Produk Knowledge dengan Sempurna

Setiap produk pasti melalui tahapan pengenalan berupa iklan-iklan agar calon konsumen jadi sadar manfaat dari produk itu. Kunci dari tahapan ini adalah menguasai produk dengan baik. Bagaimana produsen bisa meyakinkan konsumen bahwa mereka akan memenuhi kebutuhan pelanggan kalau dirinya sendiri belum memiliki pemahaman lengkap seputar produknya sendiri?

2.Pakai Prinsip Right Product in the Right Place

Anda mungkin sudah mendengar prinsip Right Man in the Right Place. Begitu juga produk Anda. Tempatkan produk Anda, khususnya yang masih baru itu di tempat dan waktu yang tepat. Setiap tempat ataupun waktu tentunya kebutuhan pasar berbeda. Selain Right Place, penting juga untuk menentukan the Right Time. Karena itulah, tentukan pasar anda secara spesifik.

3.Buat Promosi yang Efektif.

Promosi menjadi hal yang begitu penting untuk mengenalkan produk baru. Paling tidak, Anda bisa perhatikan aspek STP (segmentation, targeting, positioning)  dan 4P marketing mix (Produk, Price, Place dan Promotion). Tujuannya adalah agar kegiatan promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Strategi promosi yang dapat dilakukan antara lain menjaga kualitas produk, menawarkan harga yang bersaing, dan memilih lokasi usaha yang strategis.

4.Jangan Hanya Menjual tapi Mendidik

Selain fokus pada penjualan, fokuslah untuk menyampaikan konten yang informatif dan bermanfaat buat calon pelanggan. Ini penting untuk membangun trust dari orang lain yang kenal produk Anda. Hal seperti ini juga bisa memberi nilai lebih bisnis Anda. Begitu Anda menarik konsumen potensial dengan konsep baru, mulailah komunikasi segera.

5.Belajar dari Orang Lain

Selain bagaimana caranya menarik minat konsumen, para pengusaha yang ingin lebih dikenal produknya juga harus menghadapi persaingan bisnis dari pengusaha lain yang telah memasarkan produk terlebih dulu. Anda mungkin sudah menyadari kalau kompetitor adalah tempat belajar yang efektif. Teruslah belajar dari orang lain, khususnya yang lebih berpengalaman.

Tertarik mengembangkan skill jualan Anda dan bisa membuat produk Anda lebih dikenal?

 

Mulailah dengan seminar “Be a Great Sales” tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo. GRATIS! Hanya untuk 50 peserta. Untuk para pengusaha, marketing dan sales.

Pencarian Terbaru: