Ketika belanja di lapak-lapak tertentu dan ingin mendapatkan harga termurah tentunya kebanyakan orang akan melakukan tawar menawar. Bahkan untuk sebagian orang, bagian inilah yang membuatnya bersemangat. Selain bisa mendapat diskon harga, aktivitas ini juga bisa dikatakan bahwa seni tawar menawar adalah ‘praktikum’ yang nyata pada mata kuliah negosiasi.

Kegiatan tawar menawar itu juga lah yang membuat pasar menjadi lebih hidup sebagai kumpulan manusia yang memiliki banyak karakter, ada yang agresif, tidak tegaan, cenderung terlalu hemat, dan sebagainya.  

Ketika pembeli sering mengandalkan exit strategy untuk mendapatkan harga termurah, penjual pun punya sikap tersendiri untuk menghadapi pembeli yang berlebihan dalam menawar. Exit strategy sendiri adalah ketika saat menawar, penjualnya tidak mau, lalu pembeli pergi, dan berharap dipanggil-panggil lagi.

Negosiasi yang Baik

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para penjual, salah satunya kemampuan negosiasi. Hal itu bertujuan untuk menghindari kesalahan yang berakibat buruk untuk proses penjualan itu sendiri. Ketika Anda mempertahankan harga, maka Anda telah menegaskan kepada konsumen bahwa harga produk yang Anda jual memang sudah pantas dengan harga yang Anda tawarkan tadi.

Tapi hati-hati dengan diskon. Ketika banyak orang yang berfikir bahwa dengan memberikan diskon besar kepada konsumen, Anda akan mendapatkan order dalam jumlah yang banyak maka Anda perlu mengubah mindset itu.

Lakukan Perhitungan Harga

Tidak dipungkiri buat para pedagang offline pasti sering menghadapi pembeli yang menawar dengan sadis, katakanlah separuh harga. Agar ‘aman’, coba Anda naikkan menjadi ¾ harga. Kalau memang calon pembeli itu ada niat beli, maka logikanya dia akan bersedia menaikkan harga. Atau paling tidak dia minta harga pas.

Setelah itu  beri dia harga pas dengan margin minimal yang anda sanggup terima. Sekadar informasi, margin retail 30-40%. Tapi kalau dia nego lagi dari minimal margin, sebaiknya jangan diberikan kecuali dia akan membeli dengan kuantitas minimal 3 pcs barang yang sama, sedangkan margin grosir 15-20%.

Tertarik mengembangkan skill jualan Anda dan bisa dengan tepat menghadapi pembeli yang sering menawar?

 

Ikuti seminar “Be a Great Sales” tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo. GRATIS! Hanya untuk 50 peserta. Untuk para pengusaha, marketing & sales.

Pencarian Terbaru:

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!