Bagaimana Agar Bisnis Anda Bermanfaat Bagi Kehidupan Sosial

Setiap usaha pastinya dilakukan dengan tujuan tertentu. Ada banyak tujuan ketika akan membuka bisnis selain untuk mendapat profit yang tinggi. Yang menjadi tujuan selain profit itu antara lain menyalurkan passion, memberdayakan masyarakat, membuka lapangan kerja untuk orang lain, atau bisa juga tujuan lain. Apapun tujuan itu,  yang penting dengan bisnis itu, Anda bisa memberi manfaat kepada lingkungan sekitar. Dengan kata lain, bisnis Anda bermanfaat bagi kehidupan sosial.

Menjadi Social Entrepreneur

Salah satu model bisnis yang tidak hanya untuk mengejar profit saja adalah bisnis sosial. Apa itu bisnis sosial? Bisnis ini tetaplah sebuah kegiatan usaha di mana jual beli menjadi kegiatan utamanya. Tapi bedanya adalah cara melakukan usaha, serta bagaimana penggunaan keuntungannya. Ketika berbicara tentang bisnis yang bermanfaat sosial, khususnya yang secara khusus menjadi seorang social entrepreneur, ada hal yang bisa kita perhatikan bersama.

Ada kalanya seorang pebisnis sosial melakukan aktivitas bisnis yang menurut orang lain kurang menguntungkan untuk dilakukan. Dalam bisnis sosial, keuntungan tersebut digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Modal Utama Pebisnis Sosial

Lalu bagaimana dengan modal agar bisnis Anda bermanfaat secara sosial? Untuk berbisnis yang bermanfaat secara sosial, khususnya menjadi seorang social entrepreneur, modal utamanya bukanlah uang semata, melainkan modal (social capital). Modal sosial yang dibutuhkan adalah kemampuan berkomunikasi, kemampuan berjejaring sosial. Setelah itu diikuti dengan kemampuan menulis, kemampuan menggunakan kamera, kemampuan menggunakan media sosial.

Siapkan Konsep Bisnis yang Berkelanjutan

Salah satu hal terpenting saat memulai bisnis adalah dengan membuat konsep dan rencana bisnis. Apa produknya, berapa harganya, bagaimana promosinya, di mana tempat usahanya, dan juga apa bedanya dengan kompetitor. Contoh konsep bisnis yang bermanfaat secara sosial adalah bagaimana membuat produk yang memberdayakan masyarakat lokal. Pada intinya manfaat sosial dan perputaran modal itu dilakukan secara berkelanjutan.

Membangun Bisnis Bersama Tim yang Solid

Satu poin yang tidak bisa dilupakan untuk berbisnis yang bermanfaat secara sosial adalah membangun tim yang solid. Karena tidak semua urusan bisnis itu tentang keuangan saja, tetapi juga untuk mengembangkan jaringan, tim inilah yang saling menguatkan agar lebih efektif dalam mencapai tujuan agar bisnis Anda bermanfaat secara sosial.