Inilah Hal yang Belum Banyak Disadari Orang ketika Menjalankan Bisnis di 5 Tahun Pertama

 

Pertanyaan yang sering muncul di awal saat mulai menjadi pebisnis adalah bagaimana menemukan target market yang tepat. Setelah pertanyaan itu terjawab, berikutnya adalah bagaimana mempertahankan konsumen loyal sehingga menjadi pelanggan setia. Bagaimana dengan 5 tahun kemudian?

Banyak orang yang bertanya bagaimana mengatasi masalah yang muncul. Pada saatnya kita sering menemukan orang yang bertanya: bagaimana caranya lepas dari keterpurukan ketika membangun bisnis khususnya di 5 tahun pertama?

5 tahun pertama menjadi momen yang menentukan. Ketika berhasil mengatasi masalah yang terjadi di 5 tahun pertama itu berarti lebih besar kemungkinan untuk bertahan di tahun-tahun berikutnya. Apa saja masalah yang dihadapi orang yang merintis bisnis?

Banyak yang sudah mengupayakan dengan berbagai cara seperti sudah memperbaiki mesin, lini produksi, sales marketing, mencatat ulang pemasukan dan pengeluaran, service excellent, dan memakai jasa konsultan, tapi masih mengalami kendala.

Ada juga yang belum berhasil di bisnis yang pertama langsung membuka lagi bisnis yang kedua. Mereka mengaku “saya sudah buka bisnis yang pertama, kedua, dst tapi selalu saja mentok. Sudah mendapat omset sekian, ketika melakukan perjanjian pernah ditipu.” Jadi ada apa sebenarnya?

 

Hal yang Belum Banyak Disadari

Sebelum bicara masalah teknis, ketahuilah bahwa bisnis yang Anda jalankan hanya potongan pendek dari perjalanan hidup Anda. Maksudnya bagaimana? Ketika Anda berbisnis tentunya tidak dimulai dari usia nol, tapi dimulai sejak Anda memahami perhitungan. Katakanlah bahwa Anda fokus berbisnis di rentang usia 30-50 tahun, setelah itu mewariskan ke anak cucu. Ketahuilah bahwa di dalam rentang usia itu ada pola.

Pola saat remaja akan sama seperti saat menuju dewasa. Andaikan dari pola remaja ke dewasa ia adalah orang yang tidak disiplin, tidak menjaga kebersihan, tidak tepat waktu, tidak menepati janji, apa yang terjadi kemudian saat menjalankan bisnis? Kemungkinan besar akan menjalani pola yang sama. Apa yang terjadi dalam bisnis Anda saat ini merupaka pola yang sudah Anda jalankan dalam hidup.

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!