Caranya Agar Kritik dari Orang Lain menjadi Bermanfaat untuk Kehidupan Anda

Setiap orang pasti sangat senang ketika usahanya dihargai. Sebagian orang begitu senang mendapat pujian. Anda juga seperti itu kah? Dan sebaliknya, pasti pernah mendapat kritikan dari orang-orang terdekat atau bahkan dari orang-orang yang kita tidak kenal. Wajar saja kalau kita merasa tidak senang ketika ada orang lain yang memberikan komentar atau kritik. Tapi seringkali tidak disadari bahwa nilai sebuah kritikan sangat besar.

Sebuah kritikan bisa memberi manfaat yang meningkatkan pencapaian dalam hidup. Berikut ini adalah tips dalam menghadapi kritikan dari orang lain.

Terimalah Fakta Bahwa Kritik Akan Selalu Ada

Karena kurangnya pemahaman terhadap sesuatu, maka kritik seringkali menjadi salah satu bentuk ekspresi yang dianggap paling tepat. Kenyataannya adalah kita tidak bisa dan tidak mungkin menjauhi kritik.

Jangan Langsung Merespon

Seperti yang sudah sama-sama kita pahami, di dalam hidup ini pasti akan ada yang tidak sepaham dengan kita. Kadang-kadang, ada saja yang menilai salah pilihan atau perbuatan kita. Memang berasa melegakan apabila bisa menanggapi dengan ekspresi yang sama dengan orang itu, tapi setelahnya pastilah tidak enak. Maka dari itu, lebih baik menanggapi orang-orang itu dengan tetap santai dan tidak terpancing.

Kenali Apa Saja yang Penting Buat Anda

Saat masih kecil, kita bersama teman-teman mungkin pernah saling bergurau tentang permainan kasti kita yang payah. Saat sudah agak besar, ketika orang lain mengatakannya lagi, apakah masih penting? Sedangkan di saat yang sama kita memiliki profesi yang tentu saja tidak berkaitan dengan kasti. jadi untuk apa mendengar kritikan itu, kalau memang itu tidak ada gunanya? Tentukan hal apa saja yang sekiranya penting buat tujuan hidupmu, dan abaikan suara-suara berisik yang kurang penting. Jadi ketika orang mengkritik hal yang tidak  penting dalam hidup Anda, seharusnya itu tidak jadi soal.

Abaikan Kritikan yang Tidak Membangun

Apakah semua bentuk kritikan itu membangun? Dan apakah semuanya perlu kita terima? Kritikan yang salah akan menilai diri Anda dan ingin menjatuhkan Anda. Oleh karena itu, abaikan saja kritikan-kritikan negatif semacam itu. Ketika kita bersikap menolaknya, maka kritik dan celaan tersebut akan menjadi milik orang yang menyampaikan. Itulah caranya agar kritikan dari orang lain bisa bermanfaat untuk Anda.