Cara Memilih Kolam yang Benar untuk Branding Bisnis

 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk melakukan branding yang efektif. Salah satunya adalah memilih kolam yang benar. Mendengar kata kolam, mungkin di keseharian kita kolam itu identik dengan ikan. Namun apakah Anda pernah mendengar kolam pelanggan? Terdengar asing untuk sebagian orang, tapi itu adalah sesuatu yang perlu dipahami.

Kolam pelanggan adalah suatu kumpulan orang yang mempunyai problem yang sama. Problem yang sama itu memunculkan kebutuhan yang sama. Tentunya hal itu bisa sangat berpeluang menghasilkan apabila kita menjual barang kita di kolam tersebut. Bayangkan jika ada sebuah kolam yang membutuhkan kebutuhan Anda.

Pastinya prosentase closing menjadi sangat besar dan banyak daripada Anda hanya melakukan promosi yang tidak tertarget secara acak. Jika Anda promosi tidak tertarget, yang terjadi Anda hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga Anda.

 

Kolam Kecil atau Lautan Luas?

Bagaimana jika ada yang bertanya kepada Anda: Bagaimana cara memancing ikan yang efektif? Pilih mana Anda memancing di kolam kecil atau di lautan? Dengan catatatn, Anda ingin memancing di kolam kecil yang ikannya sejenis namun di sana penuh dengan ikan yang lapar atau di lautan yang berisi banyak jenis ikan dengan kondisi yang beragam, tidak pasti mana yang membutuhkan umpan Anda. Mana yang akan Anda pilih?

Tentu akan lebih efektif jika memilih yang nomor 1 yaitu memancing ikan di kolam, meski tidak seluas lautan namun sudah pasti ikannya lapar dan membutuhkan umpan, sehingga potensi untuk memakan umpan kitapun prosentasenya lebih besar. Lebih banyak daripada kita memancing di lautan yang tidak tahu ikan mana yang mau kita dapat juga ikannya tidak lapar.

 

Bagaimana Menemukan Kolam yang Benar?

Begitu juga pada saat kita di dunia bisnis saat menjual barang sesuatu hendaknya Anda wajib mengetahui terlebih dahulu, apakah pasar Anda tersebut membutuhkan produk Anda apa tidak sehingga jika Anda menawarkan kepada orang yang kebetulan memerlukan produk Anda maka presentasi terjualnya barang akan sangat tinggi, lalu yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana agar kita tahu kolam konsumen kita dengan benar?

Cara membidik target market yang tepat untuk bisnis yang Anda jalankan adalah strategi yang bisa dipelajari. Bagaimana caranya?

 

Temukan jawabannya di seminar bisnis Branding Your Market Segmentation dari IbizCoach pada tanggal 21 Maret 2018. Info lengkap hubungi 08112652244.