Cara Memunculkan Ide Kreatif yang Jarang Dipikirkan Banyak Orang

 

Beberapa neurologis mengatakan setiap harinya ada lebih dari 5.000 pikiran yang bermunculan di otak kita, itu artinya satu pikiran setiap 15 detik. Otak kita beraktivitas dengan sangat cepat, di mana pikiran kita melompat ke sana ke mari tanpa pernah berhenti. Pikiran kita yang melompat kesana kemari setiap hari, sama halnya seperti titik yang berserakan, tak akan diingat sama sekali kecuali kita mendokumentasikannya.

 

Connecting The Dots

Sementara itu, kreativitas lahir lantaran kemampuan mengkoneksikan titik-titik berserakan. Menghubungkan titik-titik (connecting the dots) menjadi istilah populer untuk menggambarkan bagaimana hubungan antara satu gagasan dengan gagasan lain. Ini merupakan cara untuk menguraikan persoalan untuk diselesaikan. Dengan menghubungkan titik titik itu, persoalan menjadi jernih terlihat

Connecting the dots, sudah menjadi ‘konsep kehidupan’ favorit banyak orang yang awalnya diajarkan oleh Steve Jobs di Apple Inc. “Kita tidak bisa menyambungkan titik-titik kehidupan ke depan, karena tidak ada satu pun yang bisa kita pastikan dari masa depan. Tapi kita selalu bisa menyambungkan titik-titik kehidupan ke belakang. Menyatukan arti semua yang telah kita lewati di hari kemarin, yang menjadikan kita di hari ini,”  demikian sebagian pemikiran beliau.

 

Menemukan Hal-hal yang Tidak Terduga

Menghubungkan titik-titik memang pekerjaan yang memakan waktu, energi, pikiran, dan emosi. Apalagi kalau itu terkait dengan peluang-peluang dalam kehidupan. Peneliti Harvard Medical School pernah mengungkapkan hasil riset mereka bahwa 60-80 persen orang dewasa merasa bahwa menghubungkan hal-hal yang belum terlihat koneksinya merupakan tugas yang melelahkan.

Tapi, kabar baiknya, orang dewasa yang berkemauan keras untuk berlatih ‘connecting the dots’ akan mampu menemukan hal-hal yang tidak terduga. Mereka umumnya, seperti Jobs, mendapati ide-ide cemerlang yang jarang terlintas di benak kebanyakan orang.

Sesuatu yang dilakukan itu tidak harus sepenuhnya hal baru, karena kita tahu bahwa ‘nothing new under the sun’. Suatu alat yang baru berhasil kita otak atik hari ini sebenarnya sudah sudah lama dirancang oleh sekelompok orang. Suatu ide untuk menyelesaikan suatu persoalan mungkin saja sudah menjadi bahan pemikiran orang-orang generasi sebelumnya.

Pada prinsipnya, segala sesuatu yang berhasil dibuat dengan sangat hebat adalah berasal dari gagasan hebat pula. Hal-hal hebat itu dapat ditemukan dan diwujudkan.dengan mengkoneksikan titik-titik yang berserakan.

Pencarian Terbaru: