iBiz COACH : Cara Menangani Masalah Pada UKM.

Assalammualaikum wr wb, bagaimana kabar sahabat bisnis hari ini ? Selamat menjalankan ibadah puasanya bagi Anda yang beragama muslim ya…

Bisnis terbagi menjadi menjadi 3 berdasarkan tingkatannya mulai dari bisnis kecil atau UKM, bisnis usaha menengah serta bisnis tingkat atas. Kali ini kita akan membahas masalah-masalah yang selalu muncul didalam bisnis UKM.  Usaha kecil menengah di zaman modern ini kian tahun kian meningkat, namun tahukah Anda beberapa masalah yang terjadi di dalam UKM ini?

Masalah yang dihadapi para UKM disini terbagi menjadi 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Masalah yang menjadi faktor internal adalah sebagai berikut:

Sistem Manajemen

Sistem manajemen berfungsi untuk memandu semua bagian agar mencapai target yang diharapkan. Suatu perusahaan jika tidak memperhatikan sistem manajemen dengan baik maka akan berimbas kepada masalah UKM kita sendiri. Berdasarkan manajemen perusahaan, pada umumnya terbagi dalam 5 bagian. Bagian – bagian tersebut antara lain: finansial (penganggaran keuangan, laporan keuangan, pembelian alat-alat penunjang, dll),

Produksi (cara pengerjaan, quality control, pengepakan, pemilihan bahan baku, dll ), pemasaran ( penerapan dalam strategi pemasaran, sistem kontroling, laporan penjualan, dll ), operasional ( peraturan perusahaan, budaya kerja, jam kerja, dll) dan SDM ( sistem recruitment, penggajian , tunjangan, dll) semua hal itu menjadi faktor yang harus diperhatikan di dalam sistem manajemen.

Strategi Perusahaan

Didalam UKM atau perusahaan lainnya strategi perusahaan menjadi faktor utama di dalam mengembangkan suatu bisnisnya, namun tidak jarang para pengusaha tidak mengetahui apa saja faktor faktor tersebut. Bila faktor-faktor tersebut tidak diketahui oleh pengusaha, maka perkembangan usaha Anda akan tidak berjalan optimal. Faktor-faktor tersebut adalah

  • Bagaimana agar produk kita dikenal oleh orang banyak.
  • Bagaimana masyarakat mengingat dengan mudah nama brand perusahaan kita.
  • Bagaimana positioning yang tepat.
  • Bagaimana agar produk kita berbeda dengan yang lain dan marketing mix.

Oleh karena itu didalam strategy Anda diwajibkan memperhatikan faktor-faktor diatas

Faktor External

Bagaimana cara meriset kebutuhan calon konsumen Anda berdasarkan letak suatu daerah, usia, gender, serta memperhatikan beberapa faktor external lainnya seperti:

  • Isu atau kabar yang berpengaruh.
  • Adanya perubahan kebijakan pemerintah.
  • Gaya hidup

Bila Anda mengalami faktor external sesuai pernyataan di atas,  maka bagi Anda pengusaha UKM,usaha menengah, atau sudah kearah perusahaan PT dalam mengembangkan perusahaan, bisa menghubungi kami dinomor 0811-265-2244 dengan mengikuti 1 on 1 coaching kami.

One on one Coaching adalah pendampingan bisnis bagi Anda yang mengalami masalah didalam bisnis dari operasional, financial, SDM, serta marketing dan sales.