Cara Menentukan Lokasi yang Strategis agar Bisnis Anda Berhasil

Setiap orang yang menjalankan bisnis pasti menginginkan keberhasilan pada bisnisnya, begitu pun Anda. Keberhasilan itu terlihat dari omset dan profit yang meningkat, cashflow yang lancar, dan juga konsumen yang loyal. Bagaimana langkah awal untuk membuat bisnis berhasil?

Tentunya Anda perlu memastikan aspek bisnis seperti operasional, sdm, finansial, marketing dan sales. Apa lagi selain itu? Ternyata lokasi di mana Anda menjalankan bisnis itu sangat menentukan. Semakin strategis lokasi yang dipilih, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan konsumen.

Ada beberapa hal yang perlu dicermati ketika akan memilih lokasi bisnis: Berikut ini adalah cara menentukan lokasi yang strategis agar bisnis Anda berhasil.

1. Mendekati Konsumen Potensial

Apapun yang Anda tawarkan tentu hanya akan diterima oleh mereka yang tertarik. Mereka tertarik bisa jadi karena bagaimana cara Anda menawarkan, tapi juga karena memang membutuhkan. Inilah pentingnya menentukan lokasi bisnis dengan mendekati konsumen potensial. Indikator keberhasilan bisnis Anda pun terletak pada besarnya potensi pasar yang Anda tuju. Makin padat penduduk suatu lokasi, makin banyak populasi manusia yang bisa menjadi konsumen Anda yang setia.

2. Melihat Kelompok Masyarakat berdasarkan Tingkat Ekonominya

Tingkat kemampuan ekonomi masyarakat tercermin pada selera mereka akan sebuah produk atau jasa. Lokasi yang ditinggali kelompok masyarakat berpenghasilan menengah ke atas tentu akan berbeda dengan menengah ke bawah dalam hal selera dan daya beli. Dengan lokasi strategis di sekitar masyarakat berdaya beli tinggi, maka penjualan Anda akan lebih stabil karena banyak konsumen potensial yang mampu membeli produk Anda.

3. Lokasi yang Mudah diakses

Lokasi bisnis yang ideal adalah yang mudah diakses. Semakin ramai lokasi yang dipilih, tentunya semakin besa peluang untuk berhasil. Perhatikan juga seberapa besar kompetisi usaha sejenis di lokasi yang Anda jadikan tempat berbisnis. Ada baiknya Anda fokus dalam beriklan melalui pemasangan tanda seperti plang atau spanduk yang menarik.

Berbagai ide bisnis akan bisa dieksekusi dengan maksimal ketika dijalankan dengan strategi yang tepat. Salah satu aspek yang perlu dikuasai untuk menjalankan bisnis agar bisa berjalan bekelanjutan adalah bagaimana menghasilkan profit.

 

Strategi itu dapat Anda pelajari mulai dari seminar Profit Booster dari iBizCOACH pada bulan Oktober 2017. More info: 08112652244.