Cara yang Seharusnya Dilakukan untuk Mengatasi keberatan dari Konsumen

Cara untuk Mengatasi keberatan dari Konsumen

Mengatasi keberatan (handling objection) konsumen adalah tantangan tersendiri bagi seorang sales, marketing, atau bahkan seorang owner bisnis. Memang setiap aktivitas penjualan tidak selalu lancar-lancar saja. Pasti akan ada tahap ketika seorang sales atau marketing akan menghadapi penolakan pelanggan. Jika bukan penolakan, setidaknya mungkin saja calon konsumen yang ditawari itu merasa keberatan untuk membeli.

Kalau misalnya Anda seorang pebisnis, sejak awal terjun ke dunia bisnis, tentunya Anda sudah tahu betul bahwa suatu saat akan menghadapi keadaan yang tidak mudah. Maka dari itu Anda melatih dirinya untuk merespon sikap calon konsumen dengan tetap positif dan tetap bersemangat.

Tetap sadari dan terimalah kenyataan bahwa keberatan dan penolakan adalah bagian dari setiap proses penjualan. Untuk mengatasinya, ada sejumlah cara yang tujuannya adalah memudahkan terjadinya closing penjualan. Jadi, apa yang sebaiknya dilakukan seorang penjual, agar ia bisa menghadapi keberatan konsumen?

Membangun Kedekatan dan Rasa Percaya

Kepercayaan pelanggan adalah sesuatu yang mahal bagi para pelaku bisnis di bidang apapun. Tentunya ia bukan sesuatu yang muncul begitu saja. Karakter konsumen menentukan bagaimana cara penjual menawarkan produknya. Pertanyaannya, dari mana munculnya rasa percaya itu? Konsumen itu mungkin tertarik karena percaya dengan produknya, reputasi perusahaannya, atau ownernya. Setelah calon pembeli percaya, kemudian mereka menyadari bahwa mereka memerlukan produk yang ditawarkan itu, dan produk tersebut adalah solusi dari permasalahannya.

Lakukan Negosiasi yang Tidak Memaksa

Ketika calon konsumen keberatan soal kualitas produk, maka penjual bisa menjelaskan dengan berbagai bukti banyaknya orang yang sudah memakai. Ketika mereka keberatan tentang harga, maka ajak mereka berhitung, bahwa kalau dihitung-hitung ternyata tidak lebih mahal dari kebutuhan parkir kendaraan.

Buatlah Daftar Evaluasi

Ada macam-macam alasan mengapa calon konsumen merasa keberatan. Karena itu, Anda bisa membuat catatan yang bisa menjadi acuan agar proses penjualan selanjutnya lebih mudah. Catatan ini bisa menjadi daftar evaluasi agar konsumen tidak lagi merasa keberatan untuk membeli.

 

Itulah cara mengatasi keberatan pada calon konsumen Anda. Ingin lebih memaksimalkan performa penjualan bisnis Anda, ikuti seminar “Be a Magician Sales” pada tanggal 2 November 2017 di Novotel Solo. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.

Pencarian Terbaru: