Cara Mengetahui Siapa Sebenarnya yang Membutuhkan Produk Jasa Anda

 

Target dalam bisnis ini bisa dikenal dengan segmentasi pasar. Apakah segmentasi pasar itu? Dalam gambaran yang paling sederhana, segmentasi pasar adalah pembagian pasar sesuai dengan kesamaan, kemiripan, serta kekerabatan dalam satu segmen. Semua anggota segmen pasti memiliki satu kesamaan.

Tujuan adanya segmentasi pasar adalah sebagai upaya untuk memusatkan energi marketing ke sekelompok orang-orang tertentu yang tepat.

Sudah berapa lama Anda membangun bisnis yang tengah Anda kelola sekarang? Setiap pemilik usaha tentunya ingin menemukan jawaban tentang cara mengetahui siapa yang sebenarnya yang membutuhkan jasa Anda. Bagaimana dengan Anda?

Apakah Anda sudah mengetahui dengan jelas, seperti apakah pelanggan setia untuk bisnis Anda saat ini? Jika sampai saat ini Anda masih berusaha menentukan siapa yang membutuhkan produk atau jasa Anda, inilah yang perlu menjadi pertimbangan Anda.

 

Buat Pengelompokan

Langkah awal untuk mengetahui siapa pelanggan ideal Anda sesungguhnya adalah dengan cara membuat pengelompokan. Buat kelompok pelanggan potensial Anda berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan faktor demografi lainnya.

Anda tidak perlu menggunakan semua contoh di atas, yang penting sudah mendefiniskan siapa pelanggan potensial Anda. Beda karakter demografi tentu beda cara promosi produknya.

 

Bagaimana Jika Memilih Segmen Pasar yang Salah?

Kenyataannya banyak pengusaha yang kurang memperhatikan segmentasi pasar, sehingga menjadi kurang efisien. Karena segmentasi pasar yang kurang jelas, akibatnya tim sales Anda bisa kesulitan dalam menjual produk. Akibat salah menentukan target pasar, sumber dana yang seharusnya dipakai untuk pengembangan bisnis jadi terbuang sia-sia. Hal ini yang justru nantinya akan mematikan bisnis yang sedang dibangun.

Segmentasi pasar tentunya memiliki manfaat-manfaat untuk bisnis Anda. Manfaat yang jelas bisa dimaksimalkan adalah hasil yang lebih baik dan terukur. Ketika Anda memiliki rencana ke mana produk Anda dipasarkan, Anda tidak perlu menebak-nebak atau membuat planning berdasarkan opini dari banyak orang.

 

Fokus pada Efisiensi

Bermodalkan pengetahuan yang lebih baik tentang kebutuhan target market Anda, tentunya Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik tanpa pemborosan tenaga untuk melakukan strategi yang kurang cocok untuk target market Anda. Semakin jeli dalam menentukan siapa segmen pasar pada bisnis Anda, maka semakin efisien juga biaya yang dikeluarkan untuk strategi marketing Anda.

 

Untuk bisa menentukan segmen pasar yang tepat, ikuti seminar Branding Your Market Segmentation dari IbizCoach pada tanggal 21 Maret 2018. Info lengkap hubungi 08112652244.

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!