6 Cara Agar Mudah Disukai Orang Lain yang Telah Terbukti Puluhan Tahun

“Bagaimana cara agar mudah diterima atau disukai orang lain?” sepertinya ini menjadi pertanyaan semua orang. Dale Carnegie dalam bukunya How to Win Friends and Influence People yang legendaris itu sudah mengemukakan sejak tahun 1936. Ada enam cara agar mudah diterima dan disukai orang lain.

1.Tunjukkan Minat kepada Orang Lain

Kalau mel rinsip yang pertama untuk membuat orang lain menyukai diri kita adalah begini: Cara pertama membuat orang lain menyukai kita adalah dengan menunjukkan minat terhadap orang lain. Minat untuk berinteraksi dengan orang lain bukan hanya basa basi, formalitas, bahkan ‘ada maunya’, tapi jadilah sungguh-sungguh, atau begini jika mengutip kalimatnya Dale Carnegie:  become genuinely interested in other people.

2.Tersenyumlah

Senyum kepada orang yang sedang berinteraksi dengan kita itu menunjukkan bahwa kita senang bertemu dengannya, dan hal kecil ini bisa memberikan energi positif. Bukan berarti ingin menyenangkan semua orang, tapi akan lebih menyenangkan kalau kita membiasakan diri untuk bisa tersenyum di depan orang meskipun sebenarnya sedang ada suatu masalah

3.Mengingat Nama Orang

Tak ada salahnya membangun kedekatan dengan orang baru. Ketika bertemu dengannya, ingatlah dengan baik nama orang itu, dan panggil namanya dengan nada bersahabat. Ketika kita melakukan hal itu, artinya kita memberikan pujian kepadanya.

4.Menjadi Pendengar yang Baik

Fokuslah pada apa yang dibicarakan, bukan ke penampilan orangnya saat itu. Menjadi pendengar yang baik merupakan suatu keterampilan yang perlu diasah. Bahkan, kalau hari ini Anda ingin  memiliki sahabat yang tulus dan berharap bisa mempengaruhi dia, pastikan Anda mulai lebih banyak mendengar.

5.Membicarakan Hal yang Menarik bagi Orang Lain

Di setiap perbincangan, sebisa mungkin posisikan diri pada diri orang lain. Kurangi porsi pembicaraan yang hanya kita minati. Dalam susana apapun coba buat orang lain merasa dihargai dengan membiarkan dia bercerita tentang sesuatu yang disukainya, karena itu akan menciptakan suasana lebih menyenangkan. Kuncinya adalah memiliki empati, yaitu tentang bagaimana bisa melihat dari sudut pandang orang lain dan bisa memahami kebutuhannya.

6.Buat Orang Lain Merasa Penting

Cara terakhir yang dikemukakan oleh Carnegie adalah buat orang lain merasa bahwa dirinya penting. Untuk membuat teman bicara merasa spesial, lakukan sesuatu yang spesial pula. Membahas apa yang menarik bagi dirinya, itu bisa membuatnya merasa lebih dihargai. Yang pasti, perlakukan mereka seperti kita ingin diperlakukan. Itulah cara agar lebih mudah diterima orang lain yang bisa Anda terapkan untuk berbagai aspek kehidupan.