Entrepreneur Perlu Menambah Wawasan dengan Membaca

 

*) by coach Edwin Indarto

Banyak orang mengatakan bahwa “Saya Ingin Sukses, Saya Harus Sukses”, dan sejenisnya. Seolah bahwa SUKSES terkesan adalah tujuan akhir. Mari kita pelajari bersama. Suatu ketika Anda berkata, saat telah mencapai tujuan dari sekolah Anda, “yes, saya SUKSES, telah selesaikan studi di sekolah ini”.

Pertanyaan berikutnya muncul adalah: apakah berhenti di sini saja? SELESAIKAN STUDI dan STOP, ataukah MASIH BERKELANJUTAN? Tentu saja masih berkelanjutan. Ada yang ingin lanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi lagi, ada pula yang segera menargetkan kerja di suatu perusahaan tertentu dan ada pula yang memutuskan untuk memulai usahanya.

Ternyata, berbagai aktivitas akan terjadi setelah: “yes, saya SUKSES, telah selesaikan studi di sekolah ini”. Betul kan? Ini bisa memberikan kepahaman sementara kepada kita semua: SUKSES adalah sebuah PERJALANAN DALAM HIDUP.

Anda merasa SUKSES dan mensyukuri ketika Anda telah selesaikan studi. Setelah itu Anda tetapkan tujuan baru untuk dapat berwirausaha mandiri dan di sini pun Anda akan merasa SUKSES dan mensyukurinya, ketika usaha baru Anda mulai terwujud. Apakah semua berakhir di sini?

Jawabannya PASTILAH TIDAK. Setelah usaha Anda terwujud, Anda pun merencanakan pernikahan dengan pasangan Anda, dan sekali lagi Anda merasa SUKSES dan mensyukurinya. Ketika Anda betul menikahi pasangan Anda tersebut.

 

Ini Semua Tentang Tujuan

Ada hal yang selalu berulang di cerita tadi, yaitu TUJUAN. TUJUAN yang ingin Anda raih, TUJUAN yang harus Anda tetapkan sendiri. Sampai di sini, kepahaman tentang arti sukses berubah menjadi SUKSES adalah PERJALANAN HIDUP Anda atas TUJUAN YANG TELAH ANDA TETAPKAN. Bayangkan apa jadinya ketika semua PERSIAPAN SUDAH DILAKUKAN dan Anda TIDAK PERNAH MENGETAHUI TUJUAN Anda.

Semisal : saat Anda berada di bandar udara, meski dengan semua persiapan yang matang, ketika tujuan kepergian tidak pernah Anda tetapkan, maka selamanya Anda tetap akan di bandara udara tersebut dan waktu berjalan atas diri Anda. Coba perhatikan,

 

BAHKAN SEISI BANDARA TIDAK BISA BANTU ANDA.

Demikian pula saat Anda BELUM TETAPKAN TUJUAN  dalam HIDUP ataupun BISNIS yang sedang dijalankan. Bisa dibayangkan seperti apa hidup atau bisnis Anda itu? Pertanyaan muncul di sini :

Apakah Anda SUDAH TETAPKAN TUJUAN, baik dalam KEHIDUPAN, BISNIS, dan KELUARGA ? Sehingga Anda TERARAH, merasa SUKSES dan muncul SIKAP SYUKUR.