Pentingnya Faktor Kecepatan dalam Mengambil Keputusan Bisnis

Setiap bisnis dibangun dengan rencana dan strategi sedemikian rupa agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Secanggih apapun rencana yang dibuat, cara merealisasikan harus dengan cepat. Itulah mengapa setiap perusahaan memiliki orang-orang yang berperan sebagai pembuat keputusan (desicion maker).

Orang-orang itu biasa menentukan langkah-langkah bisnis yang perlu diambil ke depannya. Di luar bisnis pun sebenarnya setiap hari kita selalu membuat keputusan di level personal. Sering kali kita dihadapkan pada banyak pilihan yang memaksa kita untuk mengambil keputusan.

Fokus kepada Solusi

Pengambilan keputusa itu tidak terhindarkan, mulai dari keputusan tentang hal-hal yang sepele dan remeh, hingga keputusan besar yang berpengaruh pada kehidupan banyak orang. Yang terpenting adalah berorientasilah pada solusi yang terbaik bagi semua pihak yang terlibat.

Ketika menyangkut aktivitas bisnis, usahakan untuk memahami secara rinci permasalahan yang terjadi, kumpulkan informasi lengkap, dan pikirkan reaksi yang muncul dari anggota tim Anda. Ketika Anda berperan sebagai decision maker, pantaulah pelaksanaan keputusan itu sebagai bagian dari tanggung jawab.

Meraih Peluang di Masa Mendatang

Seperti kita tahu, dalam dunia bisnis ada banyak hal yang menuntut keputusan cepat, seperti keputusan untuk menaikkan gaji, menerima peluang atau tawaran kerjasama. Tentu hal itu membutuhkan pengambilan keputusan dengan cepat. Apalagi yang menyangkut masa depan perusahaan, keputusan yang diambil harus dengan tepat. Keputusan yang dibuat harus bisa menangkap peluang di masa mendatang.

Latihanlatihan Mengambil Keputusan

Seperti yang kita tahu, berbagai keputusan kita buat setiap hari. Bahkan keputusan itu dibuat dalam waktu sangat singkat. Cepat dan tepat dalam pengambilan keputusan memang bukan hal mudah untuk dilakukan, butuh intuisi yang tajam untuk bisa menghasilkan keputusan yang tepat.

Meskipun tidak mudah, bukan berarti kemampuan tersebut tidak bisa dilatih. Semakin sering kita melatih diri, maka semakin cepat dan cermatlah kita mengambil keputusan. Itulah pentingnya mengambil keputusan dengan cepat.

Semakin cepat keputusan yang diambil, maka semakin besar kesuksesan yang bisa dicapai.