3 Fase Penting dalam Karir yang Menentukan Masa Depan Anda

 

Setiap orang memiliki definisi yang berbeda untuk bisa sukses secara karier. Masing-masing orang meyakini bahwa ada banyak sekali faktor yang ikut menentukan karier dari seseorang. Bicara tentang kesuksesan karir itu, setidaknya ada 3 fase penting yang dijalani seseorang. 3 fase yang menentukan masa depan itu setidaknya adalah seperti berikut. Apakah Anda merasa pernah mengalaminya?

 

1. Saat Memilih Jurusan di SMA/SMK

Mengapa memilih jurusan ini dapat menjadi fase penting dalam karir? Karena jurusan di SMA ini berpengaruh saat pengambilan jurusan di perkuliahan. Beberapa jurusan di universitas mengharuskan seseorang memiliki latar belakang dari bidang tertentu, khususnya IPA, IPS, bahasa, atau kejuruan. Menentukan pilihan jurusan ini juga menjadi tantangan tersendiri. Apakah Anda pernah mengalami perasaan salah masuk jurusan?  Sejak awal seseorang harus mengenali dirinya sebaik mungkin.

 

2. Saat Menjalankan Pekerjaan Pertama

Pekerjaan pertama adalah fase yang penting karena di sini banyak hal yang bisa Anda peroleh. Meskipun pekerjaan pertama ini sering kali tidak berlangsung lama, tapi bisa saja berpengaruh besar untuk karier Anda. Saat di bangku kuliah, Anda cenderung mendapat berbagai macam teori ketimbang praktik langsung ke lapangan. Sedangkan di dunia kerja, Anda dihadapkan dengan praktik langsung ke lapangan untuk menyelesaikan suatu hal.

Pekerjaan pertama sebagai pengalaman baru juga bisa memperkuat mental. Ketika memasuki dunia kerja yang baru, ada kemungkinan atasan akan memberi teguran karena pekerjaan yang kurang memuaskan. Anda pun bisa juga mengalami masalah dengan tim karena perbedaan pendapat. Proses tersebut akan selalu Anda ingat sebagai momen untuk melatih mental supaya lebih tangguh.

 

3. Saat Akan Berpindah Kerja

Alasan orang keluar kerja mungkin karena ada rasa tidak cocok secara pribadi yang berefek kepenatan, kehilangan rasa antusias, tertekan, dan ketidakpuasan. Sebelum memutuskan untuk keluar, pastikan dulu yang jadi kendala itu apakah orangnya, pekerjaannya, atau budaya perusahaannya? Ketika sudah menemukan alasan mengapa Anda keluar, maka sampaikan baik-baik alasan Anda keluar dari tempat kerja tersebut.

Sebelum berpindah ke tempat lain, tentunya Anda menemui masa transisi kerja. Setidaknya satu minggu sebelum Anda meninggalkan pekerjaan, pastikan Anda menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik mungkin.