Saat Anda Terlalu Gampang Merasa Lelah, Begini Cara Mengatasinya

Diposting pada



Mengatasi Mudah Lelah

 


Dengan segala kesibukan Anda yang selalu memiliki target, tampaknya banyak dari kita yang menghadapi kelelahan yang terus menerus dirasakan. Ini bisa membuat sulit berkonsentrasi atau kurang termotivasi.

Bagi banyak orang, mereka hanya memandang langkah ini sebagai bagian dari kehidupan modern, tetapi bagi orang lain dampaknya bisa ‘melumpuhkan’ dan memiliki efek serius pada kesejahteraan, kesehatan, dan produktivitas mereka.

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa penyebab umum dari kelelahan. Bukan masalah kelelahannya, tapi langkah dan tindakan apa yang dapat Anda ambil untuk mengatasi beberapa gejala kelelahan itu.

Kelelahan dapat mempengaruhi siapa saja, dan pada suatu saat sebagian besar orang dewasa akan mengalami kelelahan dalam hidup mereka. Bagi banyak orang, kelelahan disebabkan oleh kombinasi dari gaya hidup, sosial, psikologis dan masalah kondisi medis yang mendasarinya.

Ini berbeda dengan hanya merasa lelah atau mengantuk. Semua orang merasa sangat lelah pada titik tertentu, tetapi ini biasanya diselesaikan dengan tidur siang atau tidur malam yang nyenyak. Tapi jika Anda cukup tidur, nutrisi yang baik, dan berolahraga teratur tetapi masih merasa kesulitan untuk berkonsentrasi atau kurang termotivasi, Anda mungkin mulai melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

 

Periksa Kesehatan Anda

Terlalu cepat merasa lelah mungkin adalah tanda dari penyakit yang mendasarinya, seperti kelainan tiroid, penyakit jantung, anemia atau diabetes. Penyebab yang terkait dengan gaya hidup: Kelebihan berat badan dan kurang olahraga teratur dapat menyebabkan perasaan lelah. Kurang tidur dan terlalu banyak aktivitas fisik, juga bisa menciptakan perasaan kelelahan yang parah.

 

Tekanan di Tempat Kerja

Perhatikan juga penyebab yang berhubungan dengan pekerjaan. Tekanan di tempat kerja dan masalah keuangan dalam berbagai bentuk dapat menyebabkan perasaan lelah.

 

Kekhawatiran emosional dan stres

Kelelahan adalah gejala umum dari masalah kesehatan mental, seperti depresi dan kesedihan, dan mungkin disertai dengan tanda dan gejala lain, termasuk lekas marah dan kurang motivasi. Kelelahan juga dapat disebabkan oleh sejumlah faktor yang berlangsung bersamaan.

Lalu bagaimana cara Anda bisa mulai mengatasi penyebab kelelahan dan mulai merasa lebih energik?

 

1. Katakan yang Sebenarnya

Beberapa orang tidak peka pada kenyataan bahwa mereka sebenarnya lelah. Dalam jangka panjang, ini akan membahayakan Anda. Agar bisa mengatasi atau menghilangkan kelelahan, mulailah mengakui dan mengatakan yang sebenarnya tentang hal-hal yang menghabiskan energi Anda, yang menyita waktu terus-menerus yang akhirnya menyebabkan kelelahan

 

2. Jelaskan Lagi Prioritas Anda

Jika target Anda menjadi terlalu berlebihan, mulailah mengurangi dan memprioritaskan hal-hal yang paling penting. Mulailah dengan memprioritaskan hanya 3 hal setiap hari. Ketika Anda menyelesaikan 3 hal itu, Anda akan mendapatkan aliran energi dan kepercayaan diri yang akan terus tumbuh.

Buatlah daftar 3 tugas terpenting Anda untuk hari berikutnya sebelum Anda pergi tidur. Ini akan menghentikan Anda untuk terlalu banyak berkomunikasi dan membuat Anda bersemangat tentang apa yang dapat dilakukan pada hari berikutnya.

 

3. Kelola Tingkat Stres Anda

Stres adalah salah satu penyebab utama kelelahan, dan dengan serius dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Ketika Anda mengalami peningkatan tingkat stres di tempat kerja atau di rumah, coba untuk identifikasi penyebab stres itu, juga prioritaskan penyelesaiannya jika ada masalah.

 

4. Lebih Banyak Rasa Syukur

Rasa terima kasih dan kepercayaan diri sangat terkait. Bersyukur atas apa yang Anda miliki dan apa yang telah Anda capai bisa meningkatkan kepercayaan diri dan membuat Anda merasa lebih optimis. Mudah-mudahan ini bisa membantu Anda meningkatkan perasaan gembira dan antusiasme. Coba catat 3 hal yang Anda syukuri setiap hari.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG

download ebook

jadwal seminar