Bagaimana Sebuah Gelas Bisa Menunjukkan Attitude Seseorang

 

Attitude menurut kamus Oxford adalah ‘a settled way of thinking or feeling about something’.  Dengan kata lain, attitude adalah sikap, tingkah laku atau perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan kondisi sekitarnya. Dengan kalimat lain yang lebih sederhana, attitude adalah respon mental seseorang kepada orang lain, tempat, suatu keadaan, dan segala sesuatu di dalam hidupnya.

 

Pendapat Para Ahli Psikologi

Ada bermacam-macam pendapat yang dikemukakan oleh ahli-ahli psikologi tentang pengertian attitude. Jika ada seseorang berhadapan dengan sesuatu atau fenomena, maka orang itu akan memperoleh gambaran tentang sesuatu atau fenomena tersebut.

Cukup banyak referensi yang menjelaskan apa dan bagaimana yang disebut dengan attitude pada seseorang. Sebagai bagian dari kepribadian, attitude memengaruhi banyak aspek kehidupan manusia. Apa sajakah itu? Paradigma berpikir, mindset dan sudut pandang, cara menilai sesuatu atau orang lain, keyakinan, poin mendasar dari pengambilan keputusan, juga sopan santun.

 

Sebuah Gelas Bisa Menunjukkan Attitude Seseorang?

Ketika seseorang melihat gelas yang berisi air dengan volume setengah gelas itu, orang yang melihatnya akan menyebutnya sebagai setengah terisi atau setengah kosong. Seperti itulah cara sederhana untuk melihat bagaimana gambaran attitude seseorang. Seorang dengan attitude positif akan melihat sesuatu dari sisi positifnya. Dengan kebiasaan mengatakan hal positif, maka tindakannya yang terbentuk juga positif.

Seorang yang terdidik cenderung lebih berattitude daripada yang tidak. Tapi, itu belum menjamin kalau seseorang dengan gelar pendidikan yang tinggi pasti juga memiliki attitude yang sama baiknya dengan kemampuan akademiknya. Meskipun titelnya banyak, tapi kalau attitudenya payah dan tidak beretika, apa jadinya? Sebaliknya, attitude yang baik itu bahkan bisa menjadikan seseorang yang tidak sekolah tinggi pun menjadi layak dihargai.

 

Attitude dan Kesuksesan

Dalam bukunya, See You At The Top, Zig Ziglar menceritakan bagaimana hasil penelitian yang telah dilakukan menentukan bahwa 85 persen alasan orang-orang bisa sukses di bidangnya adalah karena sikap mereka, dan hanya 15 persen yang berhubungan dengan keahlian teknis.

Sayangnya 90 persen pendidikan kita didedikasikan untuk memperoleh fakta dan angka, hanya 10 persen yang didedikasikan untuk mengembangkan sikap positif. Ya, memng penting untuk mempelajari keterampilan yang terkait dengan pekerjaan Anda, tapi attitudelah yang jadi aset terbesar Anda.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!