Growth Mindset vs Fixed Mindset, Anda Termasuk Golongan yang Mana

 

Tidak semua hal yang terjadi dalam kehidupan kita ini bisa kita kendalikan. Namun, kita bisa mengendalikan pikiran kita terkait hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Bagaimana efeknya ke diri kita adalah pilihan kita sendiri. Apakah ia akan baik atau sebaliknya, itu tergantung dari cara pandang atau pola pikir kita.

Dalam penelitian Carol Dweck, profesor dari Stanford University dan penulis buku psikologi terkenal, Mindset: The New Psychology of Success, beliau menyatakan ‘manusia memiliki kepercayaan dasar tentang bagaimana kita melihat dan mempercayai karakter pribadi kita’. Nah, kali ini kita akan membahas tentang dua pola pikir yang saling  bertolak belakang, yaitu growth mindset dan fixed mindset.

 

Growth Mindset

Growth mindset atau pola pikir bertumbuh adalah pola pikir yang meyakini bahwa kecerdasan dapat dikembangkan dan otak tak ubahnya seperti otot yang bisa dilatih. Hal ini akan mengarahkan diri kita untuk memperbaiki diri. Orang-orang yang memiliki growth mindset dalam dirinya melakukan sesuatu bukan untuk mendapat pengakuan dari orang lain. Growth mindset juga terkait dengan pikiran yang positif di mana kesuksesan orang lain dianggap sebagai sumber informasi dan inspirasi.

 

Fixed Mindset

Kebalikan dari growth mindset adalah fixed mindset yang mempercayai bahwa karakter, kecerdasan, kemampuan dan juga kreativitas adalah sebuah bakat alami yang tetap, bersifat bawaan, dan tidak bisa diganti. Mindset seperti ini membuat seseorang ingin membuktikan sesuatu pada orang lain tentang kemampuannya.

Jika Anda percaya bahwa Anda hanya punya tingkat kecerdasan ‘tertentu’, maka Anda ingin menunjukkan bahwa Anda mempunyai kecerdasan yang lebih tinggi dari itu. Menurut Prof. Carol Dweck, “Mengapa mencari teman yang hanya menaikkan rasa percaya diri Anda ketika dapat mencari seseorang yang dapat menantang Anda untuk bertumbuh?”

Setelah memahami perbedaan antara growth mindset dan fixed mindset, maka kita bisa mengatur pikiran kita sedemikian rupa agar lebih baik efeknya ke berbagai aktivitas kita. Pada intinya, tidak perlu takut untuk terus bertumbuh dan menjadi semakin baik, tidak perlu takut apapun hasilnya.