Terjebak dengan Rutinitas, Atau Risiko Ini yang Anda Hadapi

 

Seorang naturalis dari Perancis bernama Jean-Henri Casimir Fabre (1823 – 1915) melakukan percobaan dengan ulat bulu sebagai alat eksperimennya. Fabre membariskan ulat-ulat bulu di bibir pot bunga lalu menempatkan bibit pohon di tengahnya. Bibit pohon ini adalah pohon cemara yang merupakan makanan sehari-hari bagi ulat itu. Setelah beberapa saat, ulat-ulat itu tidak terlihat makan tapi malah jalan berbaris atau memutari pot bunga, mengikuti ulat-ulat lain di depannya.

Mereka terus seperti itu dalam waktu yang lama sampai pada akhirnya mereka mati satu per satu karena kelaparan. Mereka tidak menyadari adanya sumber makanan di dekat mereka, tentu saja itu karena mereka terus bergerak berulang-ulang dengan cara yang sama seperti yang biasa mereka lakukan.

Dari penelitian itu bisa diambil kesimpulan bahwa ulat-ulat itu akhirnya mati karena mereka terfokus pada kegiatan, mengikuti apa yang dilakukan kelompoknya, dan tidak memikirkan tujuan akhir yang ingin dicapai, terutama masalah pentingnya mereka mencari makan dan bermetamorfosis menjadi kepompong untuk kemudian tumbuh menjadi kupu-kupu. Itulah mengapa dalam pekerjaan, rutinitas adalah hal yang semestinya dihindari.

Di tengah kesibukan sehari-hari, sebaiknya perlu diadakan evaluasi berkala apakah aktivitas yang dilakukan itu masih berada di jalur yang benar.

 

Nah, untuk meminimalisir risiko itu, bagaimana seharusnya?

 

1.Mulai Pikirkan Investasi Masa Depan

Banyak orang yang sibuk mengerjakan apa yang ada di depan mata sampai lupa yang satu ini. tidak ada salahnya memang bersikap fokus dengan apa yang ada saat ini. Tapi poinnya adalah bagaimana kita bisa berpikir dan merencanakan lebih jauh: apa manfaat jangka panjang dari yang dikerjakan hari ini?

 

2. Bersikap dan Berpikir Terbuka (Open Minded)

Ingat bahwa orang-orang yang sukses di bidangnya selalu terbuka pada setiap perkembangan. Mereka tidak terpaku pada cara lama, tapi fleksibel dengan cara-cara baru dalam bekerja yang lebih efektif. Supaya tidak terjebak dengan rutinitas, kita perlu membuka mata terhadap lingkungan kerja, jaga komunikasi dan pelajari bagaimana rekan bekerja.

 

3. Pastikan Bahwa Aktivitas-Aktivitas Selalu Diperbarui

Apabila ada hal-hal yang mulai dirasa tidak cocok lagi, lakukan evaluasi untuk memastikan Anda tidak terjebak pada strategi atau aktivitas yang tidak bisa diterapkan lagi. Karena jika karyawan melakukan rutinitas yang sama terus menerus, bertemu orang yang sama setiap hari, itu dapat menghambat kreativitas mereka.

Berikan waktu untuk karyawan Anda agar keluar dari tempat yang biasanya, untuk mendapatkan ide-ide baru.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Selasa,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!