Inilah Pertanyaan-pertanyaan yang Harus Terjawab untuk Melakukan Evaluasi Bisnis

Bisnis yang Anda jalankan sampai hari ini tentunya direncanakan untuk terus berkembang. Setelah beberapa waktu berlalu, ada baiknya Anda mengetahui pencapaian apa saja yang sudah dilakukan. Hal ini penting sebagai bahan evaluasi untuk bisnis Anda. Mengapa evaluasi bisnis sangat penting dilakukan? Evaluasi diperlukan agar Anda menjadi yakin bahwa usaha Anda berkembang. Inilah pertanyaan-pertanyaan yang harus terjawab untuk melakukan evaluasi bisnis Anda.

Bagaimana Kondisi Tim Anda?

Seperti yang kita ketahui, tim yang berkualitas adalah aset tersendiri bagi bisnis Anda. Mulai dari perekrutan angota tim, pastikan Anda memilih orang yang satu visi dengan Anda. Apakah mereka memiliki kompetensi yang sesuai kebutuhan bisnis Anda? Apakah mereka antusias? Bagaimana dengan performa mereka? Ketika mereka sudah sesuai kriteria Anda, maka pertahankan. Tapi jika mereka tidak menunjukkan performa terbaiknya (padahal telah beberapa kali diberi kesempatan), coba Anda pertimbangkan untuk memberikan posisinya pada orang lain.

Berapa Banyak Konsumen yang Anda Miliki?

Faktor yang tidak kalah penting berikutnya adalah konsistensi. Maksud dari konsistensi di sini adalah bagaimana Anda tetap terhubung dengan pasar setelah konsumen Anda melakukan pembelian. Banyak pelaku bisnis yang menganggap sesudah transaksi itu berarti selesai. Padahal ada tahap penting setelah konsumen membeli, yaitu bagaimana Anda menjaga konsumen Anda tersebut agar tetap tertarik untuk bertransaksi dengan bisnis Anda.

Konsumen loyal umumnya tidak meninggalkan Anda, meskipun banyak pelaku bisnis yang sejenis. Tapi demi melakukan evaluasi, coba ketahui bagaimana grafik penjualan selama ini dan berapa sebenarnya jumlah konsumen loyal Anda.                                                                                                                                         

Apakah Sistem yang Berlaku Sudah Memudahkan Pelanggan?

Sistem bisnis adalah suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Apakah sistem dalam bisnis Anda sudah memudahkan pelanggan? Pertanyaan ini penting untuk dijawab agar seluruh proses evaluasi bisnis Anda berjalan dengan lancar. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melakukannya dengan meminta feedback dari pelanggan tentang pengalaman mereka setelah bertransaksi. Mintalah saran dan kritik dari mereka agar layanan bisnis Anda bisa terus berkembang sehingga makin memberi keuntungan bagi Anda maupun pelanggan.

Itulah beberapa pertanyaan yang perlu dijawab untuk melakukan evaluasi bisnis. Akhir tahun menjadi waktu yang baik untuk melakukan evaluasi bisnis. Lalu bagaimana dengan evaluasi yang Anda lakukan?

Nantikan Seminar Evaluation & Success Plan For Next pada bulan Desember 2017 di The Royal Surakarta Heritage Hotel. Informasi lengkap: hubungi 08112652244.