Jenis-jenis Inovasi Bisnis Berdasarkan Tujuannya

Karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, minat konsumen terhadap produk barang maupun jasa juga terus berubah-ubah. Beberapa faktor yang mempengaruhi minat konsumen antara lain: persaingan antar penyedia produk dan daya beli konsumen itu sendiri. Karena itu, setiap pengusaha perlu membuat inovasi.

Langkah-langkah inovasi bisnis sangat penting untuk selalu dilakukan jika kita memiliki sebuah usaha. Terlebih lagi dengan adanya kesepakatan perdagangan bebas antar negara, produk dari luar menyerbu pasar di negara kita dengan harga yang sangat kompetitif. Beberapa jenis inovasi dalam bisnis dibuat sesuai dengan tujuannya.

Inovasi untuk Berkompetisi

Jenis inovasi dalam bisnis yang pertama yaitu inovasi dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan kompetisi. Jika bisnis kita telah berhasil berjalan dengan cukup baik, langkah inovasi ini sangat penting untuk dilakukan agar bisnis yang kita jalankan semakin maju.

Inovasi untuk Penyelamatan

Jenis inovasi yang bisa diciptakan adalah inovasi bisnis dengan tujuan survival atau penyelamatan. Inovasi ini dilakukan untuk menyelamatkan keberlangsungan bisnis yang terancam mati. Kali ini inovasi yang dibuat harus strategis dan berdasarkan pertimbangan yang matang.

Inovasi Berskala Besar

Jenis inovasi bisnis yang selanjutnya adalah inovasi yang berskala besar. Inovasi dalam bisnis kali ini bertujuan untuk menjadikan bisnis tersebut sebagai aset nasional. Ini merupakan tahap inovasi yang memerlukan pemikiran yang sangat cerdas. Untuk melakukan langkah ini, sebuah perusahaan harus benar-benar telah maju dan memiliki prospek yang bagus.

Pada intinya, pelaku usaha perlu membuat terobosan-terobosan baru untuk diterapkan pada bisnis kita sehingga bisnis kita akan tetap bersaing dengan baik di tengah-tengah kondisi pasar yang terus berubah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan inovasi bisnis ini, salah satunya yang paling penting yaitu pengusaha harus bisa membuat terobosan-terobosan yang sesuai dengan keadaan pasar saat ini sehingga kita bisa menerapkannya pada bisnis yang kita jalankan dengan efektif.

Untuk menghadapi persaingan pasar, seorang pengusaha perlu memiliki kemampuan berinovasi, khususnya dalam teknik penjualan produknya.

 

Untuk meningkatkan kemampuan itu, ikuti seminar Be a Magician Sales. Info lebih lanjut hubungi 0811-265-2244.

Pencarian Terbaru: