Mengapa Setiap Perusahaan Memerlukan Jasa Konsultan Manajemen SDM

Jasa Konsultan Manajemen SDM

Salah satu jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah konsultan manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), meskipun jasa ini belum dianggap penting oleh semua pemilik perusahaan. Sebelum membahas soal pentingnya peran konsultan SDM, ada baiknya kalau kita pahami lagi pengertian dari konsultan.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), arti dari konsultan adalah ‘orang yang ahli dan tugasnya memberikan petunjuk, pertimbangan, dan juga nasihat untuk suatu kegiatan, seperti penelitian, dagang, dan lain sebagainya’. Konsultan bukanlah bagian internal perusahaan, melainkan seseorang yang bekerja di sebuah lembaga konsultasi dan menjalankan usahanya sendiri. Mengapa perusahaan perlu konsultan manajemen SDM?


Tidak Mudah untuk Dilakukan Sendiri

Sebagai orang yang lebih berpengalaman dalam hal manajemen SDM, tugas utama konsultan manajemen SDM perusahaan adalah membantu perusahaan dengan cara mengelola kualitas SDMnya untuk mencapai tujuan tertentu. Banyak pebisnis yang sudah terlalu sibuk dengan aktivitas yang bersifat teknis, seperti strategi marketing dan membangun kemitraan, sehingga orang-orang yang ada di perusahaan mereka kurang maksimal dalam menjalankan perannya.

Dalam lingkup perusahaan, tim sendirilah yang mengerti rumah tangga perusahaan. Tapi disadari atau tidak, ketika hanya mengandalkan internal perusahaan sendiri, langkah itu membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Dengan kata lain, peran seorang konsultan  sangat penting karena pengembangan SDM itu tidak mudah untuk dilakukan sendiri.


Bisa Menjadi Dasar untuk Mengambil Keputusan

Konsultan manajemen SDM bisa membantu perusahaan dalam mengelola kinerja sebuah tim agar lebih mudah mencapai target. Salah satu keuntungan ketika perusahaan menggunakan jasa konsultan SDM adalah agar bisa lebih terorganisir dalam membuat rencana strategis dan bisa menjadi dasar untuk mengambil keputusan-keputusan demi kestabilan bisnis yang dijalankan.


Untuk Menjadi Evaluasi Bagi Tim Kerja

Memang benar pada dasarnya pihak internal perusahaan sendirilah yang paling memahami kondisi SDM. Terkait dengan pencapaian target yang dimiliki, ada kalanya perusahaan perlu melakukan evaluasi secara berkala. Konsultan SDM bisa memiliki otoritas yang penting dengan saran-saran yang strategis. Hal itu tentu bisa menjadi bahan evaluasi bagi tim kerja.

iBizCoach sebagai lembaga konsultasi bisnis juga meyediakan jasa konsultan SDM untuk berbagai perusahaan, UKM, atau start up. Program-program iBizCoach antara lain; Ih House Training, Seminar Series setiap bulan, Webinar Business Training, Webinar Group Business Coacing, dan masih banyak lagi. Silakan menghubungi 08112652244 jika Anda menginginkan informasi lebih lengkap.

whatsapp