Mindset Seperti Apa yang Perlu Dikembangkan

Sebagian orang mengakui bahwa pekerjaannya menjadi rutinitas yang dijalani setiap hari. Entah itu sebagai karyawan, begitu pun dengan entrepreneur yang menjalankan bisnis sendiri. Terkadang ada orang yang masih muda, alasan bekerjanya adalah karena ingin  membuktikan ke orang tua bahwa ia mulai bisa berpenghasilan sendiri. Kadang ada juga orang yang bekerja karena faktor gengsi, yakni ingin membuktikan sesuatu pada teman-temannya.

Yang pasti kita akan punya peluang lebih besar untuk menciptakan kualitas hidup yang lebih baik. Banyak hal yang didapatkan dari bekerja, dan yang terpenting adalah dengan bekerja dan terus bergerak menunjukkan bahwa kita masih punya naluri bertahan hidup, yaitu naluri yang sangat mendasar sebagai manusia.

 

Tentang Motivasi Membangun Bisnis

Pernahkah Anda merenungkan sesekali: apakah tujuan kita bekerja untuk menghidupi keluarga, mempelajari pengalaman baru, mempersiapkan masa depan, dan sebagai salah satu bentuk ibadah, atau mungkin yang lainnya? Untuk yang masih muda, barangkali hal-hal terkait ilmu, pengalaman, dan networking lebih menarik dari uang.

Terkait motivasi untuk membangun bisnis, ini bukan tentang benar salah. Bisnis juga berarti upaya untuk menyelesaikan permasalahan, menciptakan karya baru dan lebih dari alasan mencapai sesuatu untuk diri sendiri. Tak masalah juga kalau orientasi seseorang menjadi entrepreneur untuk alasan kemandirian atau setidaknya untuk membahagiakan orang terdekat.

 

Satu hal yang sepertinya banyak disetujui oleh orang-orang sukses di dunia adalah bahwa kesuksesan akan datang dengan cara yang lebih mudah ketika kita terdorong untuk membantu orang lain, dan lebih dari bekerja untuk diri kita sendiri. Poinnya adalah bekerja dengan mengikuti panggilan hati dan penuh dedikasi. Martin Luther King, Jr pernah berkata: “Kalau anda terpanggil menjadi tukang sapu jalanan, sapulah jalanan itu seperti Michelangelo melukis, atau seperti Beethoven menggubah musik atau seperti Shakespeare menulis sajak,”

 

Mindset Seperti Apa yang Perlu Dikembangkan?

Bahwa semua bidang butuh ilmu untuk bisa menjalankannya. Karena bisnis tidak sekadar urusan cari nafkah, ada kemampuan tertentu yang dibutuhkan. Misalnya kemampuan untuk mendekati suatu masalah dengan sudut pandang berbeda. Kemampuan inilah yang mendasari setiap inovasi yang diciptakan.