4 Keputusan yang Paling Menentukan yang Dihadapi Seorang Pebisnis

 

Setiap orang yang terjun di dunia bisnis pasti memiliki tantangannya masing-masing. Sebuah bisnis dibangun dengan rencana dan strategi sedemikian rupa agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Secanggih apapun rencana yang dibuat, cara merealisasikan harus dengan tepat dan memperhatikan waktu.

Itulah mengapa setiap perusahaan memiliki orang-orang yang berperan sebagai pembuat keputusan (desicion maker). Inilah 4 keputusan yang paling menentukan yang dihadapi seorang pebisnis.

 

Siapa Saja Anggota Tim Anda?

Menentukan mitra atau partner bisnis adalah hal yang menentukan, karena itu urusan partner seringkali bukanlah hal yang mudah. Mitra atau partner bisnis akan memberi pengaruh besar terhadap kesuksesan profesional maupun pribadi Anda. Jika tidak tepat memilih partner, bisnis Anda bisa terhambat. Bahkan partner bisnis juga harus memiliki pikiran yang sepaham.

 

Kapan Harus Mendelegasikan Tugas Kepada Anggota?

Bagaimana mendelegasikan tugas kepada anggota adalah sesuah seni tersendiri, yaitu seni menugaskan suatu pekerjaan kepada seorang anggota dari tim Anda. Sementara itu, kita juga mengenal istilah pemberdayaan (empowerment) pada tim agar mereka memiliki kemampuan untuk bertindak lebih mandiri. Pendelegasian terbaik dilakukan kepada anggota yang telah diberdayakan.

Delegasi adalah salah satu keterampilan manajemen yang paling penting. Pendelegasian yang baik akan menghemat waktu, mengembangkan anggota, sekaligus mempersiapkan calon pemimpin di masa depan. Yang jelas, delegas juga bisa memotivasi tim secara keseluruhan.

 

Kapan Waktunya Membuat Variasi Produk?

Agar produk yang ada saat ini lebih menarik minat customer, maka diperlukan inovasi tertentu. Terlebih jika produk yang dijual dirasa mulai kurang menarik, maka itulah waktunya untuk membuat produk yang lebih bervariasi dan lebih menarik dari sebelumnya. Kita juga harus jeli melihat kondisi pasar yang ada. Apakah grafik kebutuhan konsumen meningkat atau menurun. Kita harus peka terhadap reaksi pasar untuk mengembangkan produk yang ada saat ini.

 

Kapan Waktunya Regenerasi?

Yang sering menjadi masalah dalam drama suksesi bisnis adalah leadership. Artinya, bagaimana mempersiapkan generasi berikutnya menjadi leader. Sebenarnya kegalauan antara generasi founder dan generasi berikutnya sama.

Generasi pertama dihantui kegamangan akan kesiapan generasi penerusnya, sedangkan generasi berikutnya juga masih ragu apakah memiliki kemampuan seperti yang diharapkan generasi sebelumnya yang sudah membangun bisnis sedemikian rupa.

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!