4 Tips Usaha Kerajinan yang Menguntungkan

Meskipun bukan barang kebutuhan pokok, tapi produk kerajinan tangan selalu diminati masyarakat, apalagi di daerah sekitar tempat wisata. Berbagai kebutuhan akan hiasan di rumah seringkali tergantung pada kreativitas usaha kerajinan. Anda tertarik menjalankan usaha kerajinan? Berikut ini adalah tips usaha kerajinan yang menguntungkan.

1.Mencontoh yang Sudah Sukses

Sudah banyak terbukti jika bidang usaha ini berangkat dari hobi. Mereka yang sukses dengan usaha kerajinan adalah memang karena memiliki hobi dengan kerajinan tangan. Urusan bakat dan keterampilan bisa diasah dengan belajar dari buku tutorial maupun hasil menonton video YouTube.

Bahkan, bidang ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar, tidak kalah dari penghasilan rutin sebagai karyawan. Yang menentukan penghasilan bisa dikatakan diri sendiri. Namun peluang untuk mendapatkan jauh lebih besar dari gaji kantoran juga terbuka lebar, jika sudah sudah banyak pelanggan, dan brand yang dijual sudah dikenal.

2.Memanfaatkan Bahan-bahan yang Sudah Tidak Terpakai

Apa yang biasanya Anda lakukan dengan baran-barang bekas di rumah Anda, seperti botol, ban, keping CD, atau kardus bekas? Apakah dibuang begitu saja? Barang-barang yang tadinya kita abaikan ternyata masih ada manfaatnya, bahkan bisa bernilai ekonomis. Di internet, Anda bisa mendapat berbagai inspirasi produk daur ulang.

3.Tidak Harus Bekerja Sendiri

Ketika usaha Anda sudah mulai berkembang, dan jika pesanan mulai meningkat, bisa menggunakan tenaga kerja borongan. Jadi Anda tidak harus kerja sendiri. Akan sangat menyenangkan kalau orang-orang yang Anda ajak bekerja sama itu adalah teman-teman atau kerabat Anda sendiri.

4.Lakukan Riset Pasar tentang Produk Sejenis

Sama seperti bisnis lainnya, pastikan Anda selalu melakukan evaluasi secara berkala terhadap produk yang akan Anda jual di pasaran. Pemahaman yang baik terhadap produk Anda serta memahami situasi pasar yang baik akan sangat membantu Anda dalam pengambilan keputusan tepat demi kemajuan bisnis kerajinan yang Anda jalankan. Kenali produk Anda dengan baik, amati para pesaing, dan lakukan riset pasar terkait dengan produk yang Anda jual serta bagaimana cara Anda untuk bisa masuk ke target pasar tersebut.

Itulah tips bisnis kerajinan yang menguntungkan. Bisnis kerajinan tangan seperti ini bisa dikerjakan dari rumah dan mendatangkan keuntungan yang besar bila dilakukan dengan sungguh-sungguh.

 

Untuk bisa memasarkan dan menjual produk kerajinan tangan seperti ini, Anda bisa mengasah kemampuan melalui seminar Hypnoselling pada tanggal 27 September 2017 di Aston Solo Hotel. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.

Pencarian Terbaru: