by coach Edwin Indarto

www.iBizCoach.com

sejuta milyader berakhlak mulia

 

Untuk meraih kesuksesan dibutuhkan kerja keras, itulah kalimat yang sering kita dengar. Masalah muncul adalah bagaimana ketika usia Anda semakin bertambah. Di usia MUDA, saya yakin Anda memiliki semangat dan energi yang masih besar, sehingga wajarlah ketika Anda mampu dan bisa BEKERJA KERAS mulai aktivitas jam 0700 pagi, bahkan lebih pagi lagi dan kembali masuk rumah jam 1700 atau bahkan lebih malam lagi.

Bagaimana ketika Anda sedang BERHALANGAN, apakah Anda sedang kurang enak badan, atau bertambahnya usia Anda? BERTAMBAH USIA adalah sebuah KEPASTIAN, dan diikuti dengan BERKURANGNYA POTENSI ENERGI atau KEKUATAN Anda. Ini yang harus kita pahami. So, harus bagaimana?

 

Sebuah ilustrasi sederhana…

Bayangkan Anda memiliki sebuah NERACA TIMBANGAN, ada SISI KIRI sebagai sebuah BEBAN dan ada SISI KANAN sebagai simbol ENERGI atau KEKUATAN Anda.

 

Keadaan #1  

Pada saat SISI KIRI ada 1 BEBAN, untuk membuat KEADAAN SEIMBANG, maka dibutuhkan 1 KEKUATAN di SISI KANAN. Selanjutnya pada saat SISI KIRI ada 2 BEBAN, maka dibutuhkan 2 KEKUATAN pada SISI KANAN, untuk membuatnya TETAP SEIMBANG. Selanjutnya… SISI KIRI ada 3 BEBAN, maka dibutuhkan 3 KEKUATAN pada SISI KANAN, demikian seterusnya. Sisi kiri/ BEBAN akan selalu SEIMBANG dengan sisi kanan/ KEKUATAN Anda.

Pertanyaan muncul adalah: SAMPAI BATAS MANA dan SAMPAI BATAS KAPAN kekuatan yang ANDA MILIKI? Inilah KESEIMBANGAN dari BEKERJA KERAS. Anda dituntut untuk mengeluarkan energi Anda berbanding lurus dengan beban Anda.

 

Keadaan #2

Dalam kehidupan ini, bisa saja sisi kiri BEBAN akan selalu BERTAMBAH. Semisal 4 BEBAN di sisi kiri, padahal Anda hanya memiliki 3 KEKUATAN di sisi kanan, apa yang akan terjadi? Tidak ada keseimbangan tetapi KETIMPANGAN. Bahkan bisa jadi BEBAN di sisi kiri semakin LEBIH BESAR LAGI semisal 6 BEBAN, maka KETIMPANGAN akan semakin besar lagi. So, apa yang mesti Anda lakukan?

Maka PINDAHKAN TITIK TUMPU dari timbangan Anda, GESER TITIK TUMPU ke arah BEBAN (yang semula di keadaan #1, TITIK TUMPU berada di TENGAH TENGAH TIMBANGAN, di mana panjang lengan sisi kiri sama dengan panjang lengan sisi kanan). Maka sekarang panjang lengan sisi kiri LEBIH PENDEK dibandingkan panjang lengan sisi kanan karena Anda MENGGESER TITIK TUMPU ke arah sisi kiri/ beban.

Maka Anda bisa ciptakan KESEIMBANGAN BARU antara sisi kiri BEBAN dan sisi kanan KEKUATAN, prinsip ini dipakai ketika Anda mengangkat beban dengan menggunakan pengungkit, agar beban terasa lebih ringan. Ini yang disebut KESEIMBANGAN dari BEKERJA CERDAS. Bagaimana caranya? dibutuhkan FOKUS dan PASSION Anda atas beban yang ada.