Kesalahan-kesalahan Terbesar Para Founder Bisnis

Masalah merupakan kondisi di mana ekspektasi tidak sesuai dengan realita. Masalah itu bisa muncul di dalam kehidupan seseorang ketika tindakan yang dilakukannya tidak tepat entah itu sengaja atau tidak. Setiap melakukan suatu hal, sudah tentu kita menghindari terjadinya kesalahan dalam bertindak.

Tapi ketika sudah terlanjur melakukan kesalahan, tidak masalah untuk mengakuinya. Pada hakikatnya, orang sukses adalah orang yang mau belajar dari kesalahan-kesalahannya. Beberapa kesalahan pun pernah dilakukan oleh para founder bisnis. Tapi, dari kesalahan besar yang pernah mereka lakukan dalam menjalani profesi bisnisnya justru menjadi bekal yang berharga agar bisnisnya berjalan lebih baik. Apa saja kesalahan terbesar para founder bisnis?

Kurang Memiliki Rasa Percaya Diri

Mental seseorang menghadapi suatu hal bisa jadi lebih penting dari hal itu sendiri. Bayangkan saja misalnya Anda seorang founder bisnis, apa Anda yakin sepenuhnya dengan hasil dari usaha Anda?

Risiko keberhasilan dan kegagalan selalu ada. Yang terpenting adalah bagaimana Anda menyikapi risiko tersebut. Seringkali orang terlalu khawatir tentang risiko berupa kompetisi yang harus dihadapi, dan mereka merasa tidak percaya diri. Padahal itu adalah salah satu kesalahan terbesar para founder bisnis. Sedikit ketakutan adalah hal yang umum dihadapi, tapi yang lebih penting bagaimana menghadapi ketakutan tersebut dengan sikap positif.

Menunda-nunda untuk Membuat Langkah yang Strategis

Untuk suatu hal yang besar, seringkali butuh waktu untuk mewujudkannya. Menunggu terlalu lama untuk memulai sesuatu dengan alasan menunggu momen yang tepat juga tidak jarang dilakukan orang pada umumnya. Tapi tidak demikian untuk founder bisnis yang harus bisa membuat keputusan dengan cepat, menemukan strategi yang lebih kuat, dan sebagainya. Menunda untuk membuat langkah strategis bisa menyebankan penyesalan setelah apa yang sudah lama direncanakan ternyata ada orang lain yang memulainya terlebih dahulu.

Tidak Belajar dari Pengalaman

Pengalaman diri sendiri merupakan sumber belajar paling efektif, begitu juga pengalaman orang lain. Bukan soal seberapa banyak situasi yang Anda hadapi ketika menjalankan bisnis, tapi seberapa banyak Anda belajar dari pengalaman tersebut dan memperbaikinya. Kesalahan terbesar para founder bisnis adalah tidak belajar dari pengalaman

Memang sebenarnya tidak ada formula pasti tentang bagaimana cara bertindak agar terhidar dari kesalahan, tapi setidaknya Anda bisa meningkatkan wawasan yang bisa menuntun langkah ke depan.

 

Ikuti Seminar Evaluation & Success Plan For Next dari iBizCoach pada tanggal 20 Desember 2017 di The Royal Surakarta Heritage Hotel. Informasi lengkap: hubungi 08112652244.