5 Poin untuk Memberikan Kesan Baik saat Menghadiri Wawancara Kerja

Seperti yang kita telah ketahui, wawancara kerja adalah momen penting yang menjadi salah satu kunci diterima tidaknya seseorang untuk sebuah pekerjaan yang diinginkan. Untuk itu, pelamar yang sudah lolos tahap wawancara, perlu memberi kesan yang baik saat wawancara kerja. Inilah 5 poin untuk memberikan kesan baik saat menhadiri wawancara kerja.

 

Pentingnya Penampilan Diri

Salah satu aspek yang menjadi perhatian HRD adalah soal berpenampilan. Tapi harus diakui bahwa banyak pencari kerja justru mengabaikan poin ini. Cara mereka dalam memilih warna pakaian yang dikenakan.

 

Memiliki Kemampuan yang Bernilai Tambah

Saat masih sekolah atau kuliah, memiliki nilai akademik yang tinggi merupakan pencapaian yang menarik. Tapi ternyata, punya banyak pengalaman saat kuliah dan pandai berkomunikasi efektif itu menjadi bekal tersendiri yang menjadi nilai tambah

 

Menjawab Pertanyaan yang Tidak Terduga

Adalah wajar bila kandidat mempelajari pertanyaan yang ‘umum’. Tapi tenang saja saat harus mendapat pertanyaan tak terduga dari pewawancara. Jika sudah bisa berinteraksi dengan baik kepada pewawancara, mengontrol pembicaraan menjadi tantangan tersendiri. Seringkali, pewawancara hanya ingin melihat bagaimana ia merespon sesuatu. Inilah pentingnya persiapan matang sebelum wawancara kerja.

 

Menceritakan Pengalaman Seperlunya

Pewawancara mungkin sudah biasa bertemu orang-orang baru dari berbagai latar belakang. Ketika pewawancara bertanya mengenai pengalaman terberat yang pernah dialami, ada beberapa orang yang kemudian mendramatisir untuk membuat oranng terkesan. Hal ini akan berpengaruh pada penilaian pewawancara. Jadi, ceritakan pengalaman seperlunya saja.

Jujur tentang Diri Sendiri

Ada saatnya, pewawancara melontarkan pertanyaan jebakan. Maka, jawaban wawancara tidak harus dihebat-hebatkan, melainkan apa adanya saja. Jujur tentang diri sendiri itu penting. Meskipun kita perlu memberi kesan pertama yang menarik, tapi sebaiknya sampaikan sesuatu dengan sebenarnya. Karena pekerjaan yang akan dijalani sehari-hari pasti akan mengungkap keadaan kita sebenarnya.

Itulah 5 poin untuk memberikan kesan baik pada saat wawancara kerja. Bagi Anda yang ingin mempelajari teknik rekrutmen yang efektif, khususnya bagian HRD perusahaan.

 

Ikuti seminar ‘Integrated recruitment System’ pada tanggal 24 Januari 2018. Info lebih lanjut hubungi 08112652244.

Pencarian Terbaru: