Semua orang menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya. Salah satu upaya untuk menjadi pribadi yang bahagia itu adalah ketika sudah bisa menjalankan setiap aktivitas kehidupan dengan seimbang. Keseimbangan yang penting itu misalnya keseimbangan jasmani dan rohani.

Bekerja dengan Efektif

Bentuk keseimbangan antara jasmani yang sehat dan rohani bisa diwujudkan dengan melakukan rutinitas sehari-hari dengan lebih efektif. Untuk bekerja dengan lebih efektif, jangan abaikan stamina. Selain waktu tidur, berolahraga, dan rekreasi yang cukup, masalah nutrisi juga penting untuk bisa lebih produktif saat bekerja.

Nutrisi dalam hal ini adalah sarapan di pagi hari sebelum berangkat kerja. Mungkin karena terburu-buru, sering kali orang melewatkan sarapan.

Penuhi Kebutuhan Gizi Tubuh

Barangkali Anda pernah dengar istilah: logika tidak bisa jalan tanpa logistik? Untuk anak sekolah saja dibiasakan sarapan untuk lebih fokus dan konsentrasi saat belajar sekaligus mendukung kecerdasan jangka panjang. Nah, Jadi mulai biasakan sarapan. Sebab anak dan orang dewasa butuh nutrisi lengkap untul memenuhi kebutuhan gizinya.

Jadi sebaiknya sarapan juga terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dan jangan asal kenyang.

Bekerja dengan Ikhlas

Bicara tentang keikhlasan sepertinya gampang-gampang susah, tapi itu bisa dimulai dengan mencintai pekerjaan. Mencintai pekerjaan sangat penting karena akan memberikan semangat dan motivasi kerja. Niat yang ikhlas, bekerja hanya mencari keberkahan. Satu lagi, kualitas dan kuantitas pekerjaan tidak tergantung kepada ada tidaknya atasan dan perhatian orang lain.

Bekerjalah dengan sungguh-sungguh berdasarkan ruang lingkup dan aturan yang berlaku. Keempat, adanya jalinan kerja yang baik antar personil yang ada, terhindar dari perilaku saling menjatuhkan.

Berorientasi pada Kebaikan Dunia dan Akhirat

Mengingat pentingnya keseimbangan jasmani dan rohani dalam membentuk kehidupan yang ideal, maka sebagai umat beragama kita perlu menanamkan sebuah konsep kesejahtera lahir dan batin serta kehidupan yang berorientasi kepada kebaikan dunia dan akhirat. Itulah hal-hal tentang pentingnya keseimbangan jasmani dan rohani. Keseimbangan itu perlu diwujudkan untuk membentuk kehidupan yang ideal.