Inilah Dua Keterampilan yang Wajib Dimiliki oleh Pengusaha Kreatif

Keterampilan (skill) dalam berbisnis, sebagaimana keterampilan dalam hal lain bisa dibentuk dengan proses tertentu. Rich Feller, seorang konsultan karir dalam bukunya yang berjudul Knowledge Nomads and the Nervously Employed, mengatakan bahwa paling tidak ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk memiliki skill dalam bisnis.

Menurut Feller, 10% skill bisnis diperoleh dengan cara membaca. 20% skill bisnis diperoleh dengan belajar dari pengalaman orang lain. 70% Skill Bisnis diperoleh dengan cara menghadapi berbagai macam tantangan secara nyata.

Keterampilan yang Saling Mendukung

Dalam menjalankan bisnis, secara umum ada keterampilan teknis dan juga keterampilan bisnis. Keduanya saling mendukung, apalagi kalau bisnis yang dijalankan adalah di bidang industri kreatif, seperti fashion, film, musik, seni pertunjukkan, desain, penerbitan, periklanan, arsitektur, seni, kerajinan, dan lain lain.

Keseimbangan Keterampilan Teknis dan Keterampilan Bisnis

Yang termasuk keterampilan teknis misalnya mendesain, menulis, memotret, membuat video, pemograman, dan sebagainya. Apakah itu saja cukup?  Ternyata itu saja tidak cukup. Untuk memutar roda bisnis, pengusaha kreatif membutuhkan keterampilan bisnis, misalnya teknik selling, networking, corporate identity, human resource, harga jual, dan sebagainya.

Kemampuan Manajerial

Umumnya kita melihat orang sebagai karyawan atau pengusaha. Semua yang dipelajari saat jadi karyawan adalah kemampuan teknis, tapi ternyata itu belum cukup untuk menjalankan bisnis. Sebagai contoh untuk membuat perusahaan fashion. Memiliki pengetahuan tentang cara mendesain produk dan membuat display yang diminati pembeli memang penting, tapi ada yang lebih penting.

Banyak desainer yang bagus dalam hal teknis membuat rancangan. Tapi tidak lantas bisa membuat perusahaan fashion yang sukses. Desainer tersebut mungkin sudah betul-betul menguasai cara membuat produk yang baik tapi belum memiliki kemampuan manajerial.

Itulah keterampilan yang perlu dimiliki para pengusaha di bidang kreatif. Baik keterampilan teknis maupun keterampilan bisnis, semuanya penting untuk dimiliki. Untuk meningkatkan keuntungan bisnis, ada ilmu yang harus dikuasai, antara laian tentang bagaimana meningkatkan profit.

 

Nantikan seminar Profit Booster pada tanggal 25 Oktober 2017. Untuk info lebih lanjut hubungi 08112652244.

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!

Halo sahabat bisnis!

Ada seminar hari Senin,

Tanggal 24 September 2018.

Seminar apa ya?

Align Couple For Business.

Seminar khusus suami-istri.

Seat Terbatas. Daftar Yuk!