4 Keuntungan yang Bisa Anda Peroleh karena Adanya Kompetitor Bisnis

 

Bagaimana menurut Anda tentang keberadaan kompetitor? Persaingan atau kompetisi dalam hal berbisnis bisa bermakna negatif jika ia dianggap mengancam eksistensi Anda karena barangkali pesaing bisa memberi layanan lebih baik. Tapi pada kenyataannya, persaingan adalah hal yang penting dan menguntungkan. Persaingan yang sehat bisa memberi banyak manfaat. Hal ini bahkan bisa mengubah pandangan Anda tentang persaingan.

Bisnis adalah kegiatan yang tidak lepas dari persaingan. Sekian banyak cara untuk menang dari persaingan dibagi oleh para ahli. Konon, kita membutuhkan pola berpikir baru untuk bisa memenangkan pasar. Ujungnya, setiap orang dianjurkan untuk memenangkan persaingan atau jangan sampai orang lain menang. Tapi apakah persaingan semenakutkan itu?

 

1.Introspeksi dan Fokus pada Potensi Diri

Penting untuk menemukan cara untuk menjadi lebih unggul dibandingkan dengan orang lain, tapi menyikapi persaingan, sebenarnya tidak perlu ‘mengecilkan’ orang lain, melainkan dengan ‘memperbesar’ diri kita, misalnya dengan meningkatkan kualitas produk atau layanan yang bisa diberikan.

 

2.Membantu dalam Personal Branding

Bagi pemilik usaha, suatu tantangan membuat mereka bekerja lebih keras agar tetap terlihat di depan konsumen. Menjadi ‘terlihat’ atau memiliki eksistensi adalah hal yang penting. Salah satu cara agar tetap eksis adalah buatlah konten promosi untuk mempromosikan perusahaan atau produk sesuai dengan target konsumen.

 

3.Menciptakan Inovasi yang Kreatif

Ketika Anda menyadari bahwa Anda bukan satu-satunya di bidang yang Anda geluti, maka Anda akan terdorong untuk melakukan inovasi. Persaingan bisa berarti positif karena bisa memotivasi untuk selalu menciptakan inovasi yang kreatif. Terlepas dari hal-hal yang penting untuk menghadapi persaingan, sebenarnya tidak ada kompetitor dalam bisnis, masing-masing bisnis adalah unik. Yang seharusnya dilakukan adalah aliansi, atau saling bekerja sama.

 

4.Konsumen pun Lebih Diuntungkan

Persaingan usaha dapat menguntungkan konsumen dalam mendapatkan kualitas layanan yang lebih baik. Perusahaan tidak dapat mengalahkan pesaing hanya karena harga tapi layanan berkualitas juga merupakan fokus utama dalam mempertahankan pelanggan.

 

Terkait :

kompetitor bisnis.
analisis kompetitor bisnis.
menghadapi kompetitor bisnis.
pengertian kompetitor bisnis.
kompetitor dalam bisnis online.
cara menghadapi kompetitor bisnis.
kompetitor bisnis adalah.
kompetitor dalam bisnis.
pengertian kompetitor dalam bisnis.
analisis pesaing bisnis.
analisis pesaing bisnis plan.
analisis pesaing dalam bisnis plan.
analisis pesaing dalam bisnis.
contoh analisis pesaing bisnis plan.
menghadapi pesaing bisnis.
menghadapi saingan bisnis.