Sudah Setahun Berjalan, Keuntungan Online Shop Anda Belum Seberapa

Buat Anda pemilik online shop, apakah pernah merasakan bahwa beberapa bulan ke belakang ini, keuntungan online shop Anda belum seberapa? Bahkan baru balik modal. Istilah balik modal sendiri sering disamakan dengan istilah Break Even Point (BEP). Istilah ini dipakai untuk melihat seberapa optimal performa sebuah usaha.

Umumnya, balik modal juga bisa menjadi ukuran besarnya potensi bisnis yang mulai dijalankan itu. Karena semakin cepat balik modal, maka semakin besar keuntungan yang diperoleh. Seperti yang kita tahu, semakin cepat sebuah usaha balik modal, maka semakin baik potensi usaha itu untuk berkembang.

Ketika Anda membuka usaha di bidang apapun, tentunyaa Anda akan menyediakan modal.  Modal inilah yang sejumlah uang yang dikeluarkan dan diperhitungkan untuk bisa ‘kembali’ pada waktu tertentu. Balik modal berarti keuntungan untuk pemasukan usaha Anda. Seluruh modal yang telah Anda keluarkan hingga akhir dapat kembali. Dalam istilah keuangan, ini disebut dengan Return On Investment (ROI).

 

Lalu Bagaimana Anda Mengelola Keuangan?

Ketika seseorang memulai bisnis tanpa memahami aspek keuangan, bukankah mereka akan bersusah payah membangun bisnisnya? Yang penting omset tinggi, transaksi tinggi, tetapi apakah transaksi itu benar-benar menguntungkan? Yang lebih penting lagi adalah Anda mengerti tentang laporan keuangan. Jangan sampai laporan keungan hanya sebagai dokumen ala kadarnya di bisnis yang Anda jalankan.

Laporan keuangan adalah indikator dalam memonitor perkembangan bisnis Anda. Selain keinginan Anda dalam memulai bisnis, pastikan juga Anda mengerti apa itu laporan keuangan.

Laporan keuangan dapat berfungsi sebagai kontrol pengeluaran dan mengetahui apakah bisnis Anda ini laba atau rugi, sehingga Anda tahu arah perkembangan bisnis Anda mau dibawa ke mana.

Pastikan juga sejak awal bahwa Anda memisahkan uang pribadi dengan uang bisnis Anda. Jangan sampai tercampur, nanti bisa rumit untuk pembukuan. Rekening jualan ini jangan ada transaksi tarik tunaidi ATM.

Alasannya sederhana karena tidak ada keterangan itu untuk apa. Kalau bisa semua dilakukan dengan cara transfer biar bisa memberi keterangan. Waktu menyusun laporan keuangan juga jadi lebih mudah karena ada keterangan. Jangan sampai ada pertanyaan: ini uangnya untuk apa ya kemarin?

Jadi, jika sudah setahun berjalan, tapi keuntungan online shop Anda belum seberapa, siapa tahu ada yang belum beres di masalah keuangan.