Apa Saja Keuntungan yang Diperoleh dengan Adanya Struktur Organisasi di Perusahaan Anda

 

Sebagian pemilik usaha, di berbagai bidang, seringkali berpikir bahwa sebuah struktur organisasi itu tidak terlalu penting. Yang lebih penting adalah bagaimana supaya perusahaan bisa berjalan dan menghasilkan keuntungan. Tapi benarkah struktur organisasi bisnis itu tidak penting?

Padahal perusahaan semakin berkembang dan timnya semakin banyak. Otomatis pembagian kerja pun perlu diatur sedemikian rupa, dengan deskripsi pekerjaan yang terstruktur di setiap bagiannya.  

 

Pentingnya Sistemasi Bisnis

Pada saat itulah perusahaan mulai perlu membuat struktur organisasi kerja yang jelas, agar sistem di dalam perusahaan menjadi lebih teratur. Apalagi kalau fungsi pengawasan terhadap perusahaan akan semakin berat untuk dilakukan. Melakukan sistemasi bisnis menjadi hal yang cukup urgent. Lebih spesifiknya, people depend on system, not system depend on people. Membuat orang-orang mengikuti sistem, bukan sistem yang bergantung pada orangnya.

 

Tidak Semua Struktur Berfungsi untuk Semua Kondisi

Yang perlu kita ingat, tidak semua struktur berfungsi untuk semua kondisi bisnis. Proses perekrutan untuk perusahaan dengan struktur non-tradisional juga cenderung panjang dan kompleks. Karena memang tidak mudah menemukan orang yang cocok. Salah satu hal terpenting yang harus dipahami adalah ketika tidak ada bos, hubungan teman sebaya menjadi sangat penting.

Dalam organisasi swadaya di mana orang memutuskan bagaimana menghabiskan waktu mereka dan proyek apa yang mereka kerjakan, mereka benar-benar bekerja dari model rekan yang ‘setara’ untuk saling bertanggung jawab. (Sumber: Forbes.com)

 

Tidak Menyalin Struktur Perusahaan Lain Secara Utuh

Terakhir, penting untuk tidak menyalin struktur perusahaan secara utuh. Apa yang berhasil untuk satu organisasi mungkin tidak berhasil untuk yang lain. Struktur yang dipilih organisasi sangat tergantung pada budaya, nilai, dan operasi sehari-hari. itu tidak cukup untuk menggunakan apa yang berhasil untuk satu perusahaan – struktur harus masuk akal untuk apa yang diinginkan dan perlu dilakukan oleh suatu organisasi.

Struktur yang mapan seperti di perusahan besar dapat disesuaikan di berbagai perusahaan, tetapi juga tetap perlu memperhatikan hal kecil yang tidak bersifat umum dan hanya terjadi di perusahaan Anda. (Sumber: Forbes.com).

Adanya struktur organisasi akan mempermudah untuk melakukan identifikasi pada fungsi dan peran yang strategis dalam target atau rencana pekerjaan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Yang pasti, struktur organisasi dalam bisnis juga mempermudah untuk menganalisis beban kerja dari tiap individu pada tim sehingga pembagian kerja bisa lebih adil untuk semua.

 

Ikuti Seminar Bisnis “Autopilot Your Business” di Novotel Solo tanggal 29 Agustus 2018. Info lebih lanjut: 08112652244.