4 Kunci Sukses Berbisnis dengan Teman

Masalah membangun tim yang solid ketika berbisnis adalah hal yang pasti dihadapi semua pelaku bisnis. Karena setiap orang umumnya mempunyai teman dekat, maka teman itulah yang seringkali dipercaya untuk menjadi partner bisnis. Sebelum mengajak teman berbisnis, pastikan bahwa orang tersebut bertanggung jawab dan bisa diajak untuk bekerjasama.

Pilih Bidang yang Dikuasai

Kunci sukses berbisnis dengan teman pertama-tama adalah disarankan untuk memilih bidang yang sesuai keahlian masing-masing, sehingga lebih minim risiko. Hindari bidang baru yang masih awam dan tak sesuai keahlian. Anda pun  perlu melihat ke dalam diri sendiri maupun tim, untuk melihat karakter dan skill yang saling melengkapi. Ketika hal mendasar sudah kuat, tentu lebih gampang menentukan arah gerak bisnis yang akan dibangun.

Pembagian Keuntungan Harus Jelas di Awal

Bisnis bersama dengan teman seringkali terhambat di tengah jalan karena perjanjian soal pembagian keuntungan yang tidak dibicarakan sejak awal. Lalu, bagaimana cara membagi keuntungan secara adil? Masing-masing pihak tentunya harus mengetahui itu gaji dan dividen. Disarankan kedua belah pihak memperoleh gaji sesuai porsi pekerjaan dan dividen sesuai besarnya setoran. Yang penting hak dan kewajiban dilakukan secara proporsional sesuai peran masing-masing orang.

Bekerja Secara Profesional

Dalam berbisnis dengan teman, usahakan tetap berkomitmen sejak awal untuk mengedepankan profesionalitas. Bedakan antara urusan bisnis dan persahabatan. Masing-masing tim  perlu bisa bersikap tegas, belajar tentang mengelola konflik khususnya terkait hal-hal yang seringkali memunculkan rasa sungkan menghadapi teman. Sebagai solusi, sediakan waktu di mana Anda bisa bertemu untuk ngobrol dan merayakan keberhasilan bisnis bersama misalnya ketika akhir pekan. Anda dan teman-teman bisa mengobrol demi memecah kejenuhan tanpa mengurangi produktivitas.

Sisi positifnya berbisnis dengan teman adalah lebih mudah dalam menyamakan visi dan kepercayaan. Semoga sukses dalam bisnis Anda bersama teman. Kedisiplinan dan ketegasan merupakan kunci sukses berbisnis dengan teman.

Pakai Jasa Konsultasi

Kenyataannya, membangun bisnis dengan teman tetaplah sama seperti bisnis bersama partner yang bahkan baru kenal. Tidaklah mudah memang, tapi ketika sudah memiliki komitmen, tentunya tidak ada yang tidak mungkin. Tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa konsultasi bisnis. Karena fasilitas konsultasi itulah yang bisa membantu membuat bisnis berkembang.

Salah satu lembaga konsultan bisnis yang fokus untuk berbagi kepada para pebisnis adalah iBizCOACH (Indonesia Business Coaching). Ada banyak layanan yang diberikan, misalnya program Seminar Series.

 

Tanggal 25 Oktober 2017, iBizCOACH akan mengadakan seminar Profit Booster. Anda yang ingin mengikutinya, bisa menghubungi ke nomor 08112652244.