5 Langkah Bisnis yang Bisa Meningkatkan Profit

Dalam menjalankan bisnis, setiap orang menginginkan peningkatan profit. Apa yang telah dicapai sebelumnya bisa menjadi dasar untuk menentukan strategi dalam rangka meningkatkan profit. Berikut ini adalah langkah bisnis yang bisa meningkatkan profit.

1. Melakukan Penghematan

Satu langkah yang perlu dilakukan Untuk meningkatkan profit yaitu melakukan penghematan, khususnya biaya operasional. Ada baiknya untuk memeriksa pos-pos pengeluaran saat ini. Tentukan pengeluaran apa saja yang bisa dihemat, misalnya; hemat listrik, substitusi barang dengan harga yang lebih murah, termasuk penghemat dalam hal pekerjaan.

Pastikan untuk menghindari pekerjaan yang tidak memberikan nilai tambah.

2. Melakukan Ekspansi

Sebagian besar pemilik bisnis menganggap ekspansi adalah langkah utama dan penting bagi keberlangsungan bisnis itu ketika ingin menjadikannya bertahan lama. Macam-macam rencana untuk melakukan ekspansi, misalnya menambahkan produk dan layanan baru, memperluas target wilayah penjualan, membuka toko baru baik secara offline maupun online.

Sebagai langkah strategis saat melakukan ekspansi bisnis antara lain meningkatkan inventaris produk agar mampu melayani permintaan pasar yang makin besar jumlahnya, membuat variasi produk diperlukan agar pelanggan memiliki banyak pilihan, membangun tempat baru untuk menampung produk, meningkatkan efektivitias dan efisiensi penjualan produk sambil menambah tim.  

3. Fokus pada Harga

Tidak dipungkiri, harga menjadi faktor penting bagi seseorang ketika akan membeli sesuatu. Secara sederhana, semakin banyak orang membeli, maka semakin banyak keuntungan yang diperoleh.  Hal ini menjadi poin penting bagi Anda ketika menjalankan sebuah bisnis. Semakin tepat harga yang diberikan, maka semakin besar kepuasan pelanggan yang kemudian bisa membuat keuntungan yang meningkat.

4. Fokuskan pada Produk dengan Margin Keuntungan Tinggi

Ada saatnya Anda bisa menaikkan harga. Pertanyaannya adalah berapa kenaikan yang pantas untuk produk Anda?  Hal itu bergantung kepada beberapa hal, antara lain jenis produk, kualitas produk, harga bahan baku, harga pesaing, kondisi ekonomi, dan hal lain yang bersifat kondisional.

Ketika produk yang dijual itu belum banyak pesaing atau belum ada substitusinya, maka bisa ‘dimainkan’ harganya. Satu hal perlu diperhatikan terkait harga adalah fokuskan pada barang dengan margin keuntungan yang tinggi, karena hal itu akan membantu cash flow bisnis Anda.

5. Iklan yang Efektif dan Menarik

Dunia selalu berubah dan berkembang, termasuk juga tentang strategi promosi produk berupa barang atau jasa. Kita tahu bahwa sebagian besar orang tidak suka melihat iklan, itulah mengapa perlu dibuat iklan yang efektif dan menarik. Tentang seperti apa sebuah iklan yang efektif, itu tergantung produk yang diiklankan. Sebagai contoh misalnya produk fashion jelas berbeda dengan produk makanan. Produk jasa jelas beda dengan produk non-jasa.

Pada setiap produk juga memiliki target sendiri, sehingga iklan efektif adalah yang menyesuaikan dengan audiensnya. Iklan yang disampaikan dengan menarik bisa memberikan dampak bagi kemajuan bisnis, khususnya meningkatkan keuntungan yang diperoleh.

 

Siapapun yang menjalankan bisnis tentunya memiliki fokus untuk meningkatkan profitnya. Untuk meningkatkan profit bisnis Anda, ikuti seminar Profit Booster di Aston Solo Hotel, pada tanggal 25 Oktober 2017. Info lebih lanjut: 08112652244.