Menentukan target pasar memang hal yang sulit dalam membangun bisnis, tapi Anda bisa membuatnya lebih mudah dengan mengikuti langkah-langkah yang yang telah terbukti berhasil dilakukan banyak pengusaha sukses. Apa saja langkah-langkah itu? Berikut adalah langkah penting dalam menentukan target pasar untuk bisnis Anda seperti disadur dari idkeyword.com;

1.Pilih Lokasi yang Menjadi Target Pasar Anda

Yang perlu dilakukan pertama adalah tentang memperhatikan faktor geografis. Apa artinya? Anda perlu tentukan lokasi mana saja yang mungkin dijangkau oleh bisnis Anda. Jangan mendefinisikan target lokasi terlalu umum atau luas. Ada banyak cara untuk menentukan lokasi yang akan menjadi target pasar. Misalnya berdasarkan kota, kabupaten, provinsi, atau bisa juga berdasarkan radius.

Pemilihan lokasi target pasar tidak sama dengan lokasi mana yang dijangkau oleh kurir pengiriman barang dari toko online Anda. Jika Anda memang melayani pengiriman barang ke seluruh Indonesia, minimal buatlah prioritas lokasi yang Anda bidik. Membuat prioritas lokasi akan memudahkan Anda dalam membuat strategi pemasaran.

2.Tentukan Karakteristik Demografi Pelanggan Anda

Setelah menentukan faktor geografi selanjutnya adalah demografi. Buat kelompok pelanggan potensial Anda berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan faktor demografi lainnya. Anda tidak perlu menggunakan semua contoh di atas, yang penting sudah mendefiniskan siapa pelanggan potensial Anda. Beda karakter demografi tentu beda cara promosi produknya.

3.Cari Tahu Bagaimana Psikologis Pelanggan Anda

Segmentasi pasar berdasarkan faktor psikologis ini adalah segmentasi yang paling banyak ragamnya. Apa saja faktor psikologis yang menjadi pembeda antar pelanggan Anda? Kepribadian, kebiasaan, sikap, dan cara pengambilan keputusan adalah beberapa faktor psikologis yang bisa menjadi segmentasi pasar tersendiri.

Menentukan target pasar tentunya memiliki manfaat-manfaat untuk bisnis Anda. Manfaat yang jelas bisa dimaksimalkan adalah hasil yang lebih baik dan terukur. Ketika Anda memiliki rencana ke mana produk Anda dipasarkan, Anda tidak perlu menebak-nebak atau membuat planning berdasarkan opini dari banyak orang.

Pasalnya, semua informasi yang dibutuhkan sudah ada di depan Anda karena segmentasi pasar Anda telah teratur dengan baik. Bermodalkan pengetahuan yang lebih baik tentang kebutuhan target market Anda, tentunya Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik tanpa pemborosan tenaga untuk melakukan strategi yang kurang cocok untuk target market Anda.

Kini Anda bisa lebih tepat menentukan segmentasi pasar dalam bisnis Anda. Anda bisa mengikuti workshop kami yaitu: 

 

Be A Great Sales pada tanggal 23 Agustus 2017 di The Sunan Hotel Solo.

Kalau ingin tahu lebih banyak tentang workshop ini, hubungi nomor whatsapp 0811-265-2244.

Pencarian Terbaru: