Seperti Apa Lingkungan Kerja yang Membuat Anda Makin Produktif? (Bag 1)

Diposting pada

Lingkungan Kerja yang Membuat Anda Makin Produktif

 

Saat wawancara kerja, Anda mungkin pernah ditanya tentang lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai. Begitu juga saat posisi Anda sebagai pewawancara, yang mengajukan pertanyaan ini untuk mengetahui seberapa jauh kecocokan Anda di perusahaan tersebut. Ini juga membantu calon karyawan mengidentifikasi lingkungan yang paling produktif sesuai gaya kerjanya.

Beberapa faktor yang membentuk lingkungan kerja adalah nilai-nilai atau value yang dipegang perusahaan, keseimbangan kehidupan kerja, gaya kepemimpinan dan struktur organisasi kerja. Berapa jumlah orang di dalam tim juga berpengaruh pada lingkungan kerja. Lingkungan kerja di perusahaan yang terdiri dari belasan orang, tentunya akan sangat berbeda dengan lingkungan di perusahaan multinasional, misalnya.

 

Sebaiknya Pahami Sejak Awal

Akan sangat menguntungkan bagi Anda jika sejak awal bisa menganalisis seperti apa lingkungan kerja itu. Karena hal ini akan memengaruhi seberapa bahagia dan produktifnya Anda nantinya saat sudah mendapatkan pekerjaan itu. Jika Anda memiliki kontak di perusahaan, bicarakan dengan mereka tentang budaya perusahaan. Jika memungkinkan, cari informasi dari kenalan Anda untuk menemukan hal-hal penting untuk diketahui, misal mengenai reputasi perusahaan yang Anda lamar.

Terkadang untuk mencari tahu tentang lingkungan kerja di perusahaan tertentu, itu tidak mudah. Dalam hal ini, tidak masalah untuk bertanya kepada pewawancara tentang budaya perusahaan. Setelah calon karyawan tahu lingkungan kerjanya dan pewawancara pun tahu seperti apa gaya bekerja calon karyawannya, akan lebih mudah ditentukan apakah Anda cocok atau tidak untuk bergabung.

 

Ungkapkan Bahwa Anda Orang yang Fleksibel

Saat Anda menghadiri wawancara dan ditanya tentang lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai, coba untuk tetap relatif netral. Pada tahap ini dalam proses wawancara, bagaimanapun, sebagai orang baru, Anda tidak tahu bagaimana seluk beluk perusahaan tersebut.

Merupakan ide bagus untuk mengungkapkan bahwa Anda seorang yang fleksibel dan bisa beradaptasi dengan di lingkungan apapun. Bukan berarti tidak jujur. Kenyataannya, kita akan selalu mengalami proses adaptasi. Tentunya Anda tidak ingin kehilangan peluang Anda untuk naik ke tahap berikutnya bukan?



Download Aplikasi Bisnis Online Rezeki Apps untuk cari penghasilan tambahan lewat ponsel Android.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



download ebook